kumparan
Otomotif9 November 2019 9:57

Modifikasi Digital: Honda Jazz 2020 dengan Konsep VIP Style

Konten kiriman user
Honda Jazz baru saja dirilis di Tokyo Motor Show (TMS) 2019 yang dihelat pada 24 Oktober 2019-4 November 2019. Jazz generasi keempat ini dirilis dengan lima trim, salah satunya adalah versi crossover. Yang paling menarik perhatian adalah untuk pertama kalinya Jazz dirilis dengan tipe Hybrid dengan nama e:HEV.
Honda Jazz 2020_4x3-04.jpg
Honda Jazz. Gambar: Bayu Hari Wibisono
Bentuk body secara keseluruhan sangatlah berbeda dengan generasi sebelumnya (GK), kali ini Honda Jazz hadir dengan karakter yang lebih membulat, hampir tidak ada garis-garis tajam. Pilar A pun menjadi lebih luas visibilitasnya berkat kaca samping yang besar.
ADVERTISEMENT
Kehadiran Honda Jazz ini membuat Saya memiliki ide untuk membuat modifikasi digital (Digimod). Hari pertama muncul banyak sekali yang membuat digimod Honda Jazz generasi terbaru ini. Namun didominasi oleh aliran modifikasi racing. Kali ini Saya mencoba untuk berbeda dengan digimod yang lain yakni dengan mengaplikasikan konsep VIP Style.
Acuan modifikasi didapatkan dari berbagai referensi diantaranya adalah gaya modifikasi “BIPPU” di Jepang. Rata-rata modifkasi tersebut menggunakan kendaraan medium-size sedan seperti Lexus GS / Toyota Aristo, Toyota Celsior, Nissan Fuga, Nissan Cima dan lain-lain. Biasanya modifikasi VIP Style memiliki ciri khas ground clearance rendah, bodykit lebar, dan dimensi velg ‘celong’.
Honda Jazz 2020_4x3-01.jpg
Penerapan bodykit ekstrim dengan dimensi yang lebar berkat widebody di keempat fender. Kombinasi velg dengan dimensi sangat lebar di depan dan belakang ditambah pemasangan air suspension agar kendaraan bisa ‘rebah’ ke jalanan menjadi syarat mutlak aliran modifkasi VIP Style.
Honda Jazz 2020_1x1-02.jpg
Bagian Depan Honda Jazz VIP Style. Gambar: Bayu Hari Wibisono
Di area depan ubahan terjadi pada bagian front bumper dan front grille. Perubahan secara menyeluruh dibagian front bumper dengan karakter desain yang agresif namun tetap terlihat elegan. Hal ini berkat penambahan empat buah projector foglamp yang tersemat pada sisi kiri dan kanan front bumper. Front bumper didukung oleh front lips yang dipadukan dengan splitter berwarna hitam glossy. Front grille mengalami perubahan warna menjadi hitam glossy yang sebelumnya mengikuti warna body kendaraan.
Honda Jazz 2020_1x1-06.jpg
Bagian Samping Honda Jazz VIP Style. Gambar: Bayu Hari Wibisono
Bagian samping Honda Jazz terlihat menjadi lebih berisi, hal ini berkat pengaplikasian widebody kit pada ke-empat fender roda kendaraan. Front fender terhubung dengan desain side skirt dan splitter berwarna hitam glossy lalu menyatu kembali pada bagian rear fender. Pilar A sampai C pun dilapisi dengan warna hitam glossy agar terlihat lebih elegan.
ADVERTISEMENT
Memasuki bagian kaki-kaki, velg yang dipilih pada digimod kali ini adalah Weds Kranze Bazreia. Velg ini merupakan velg yang sudah lazim digunakan pada aliran modifikasi VIP Style. Dipadukan dengan pemilihan ban profil tipis dengan konstruksi velg yang lebar maka yang dihasilkan adalah ban yang terlihat ‘narik’. Tentu hal ini bertujuan agar roda bisa masuk dibagian fender tanpa harus ‘gesrot’. Terima kasih kepada penggunaan air suspension yang memungkinkan untuk bisa membuat kendaraan menjadi sangat ‘ceper’ ketika posisi sedang parkir.
Honda Jazz 2020_1x1-05.jpg
Bagian Belakang Honda Jazz VIP Style. Gambar: Bayu Hari Wibisono
Dibagian belakang terdapat ubahan pada bagian rear bumper dan rear spoiler. Desain diffuser pada bagian rear bumper terinspirasi dari Honda CR-V Turbo. Terdapat dua buah exhaust tip yang dilapisi oleh chrome pada sisi kiri dan kanan sehingga terlihat elegan. Rear spoiler dengan bentuk sederhana namun dengan sentuhan hitam glossy menjadi pemanis pada bagian belakang.
Honda Jazz 2020_1x1-03.jpg
Honda Jazz VIP Style. Gambar: Bayu Hari Wibisono
Sementara itu belum ada kabar apakah Honda Jazz generasi keempat ini akan dibawa ke Indonesia atau tidak. Yang pasti di Jepang Honda Jazz akan dijual pada bulan Februari 2020. Bila kita melihat, Honda Jazz di Indonesia merupakan kendaraan yang cukup sukses penjualannya bersaing dengan Toyota Yaris. Tentu sangat menarik apabila Honda Jazz ini akan dibawa ke Tanah Air, mengingat Toyota Yaris pun baru saja merilis generasi terbarunya.
Honda Jazz 2020_1x1-04.jpg
Honda Jazz VIP Style. Gambar: Bayu Hari Wibisono
Selain menjadi pilihan kaum muda untuk beraktivitas, Honda Jazz pun dikenal dengan modifikasinya yang mudah dilakukan dan parts-nya yang mudah didapatkan. Kita hanya bisa menunggu kapan Honda Jazz ini akan resmi dirilis, tentunya hal ini sangat menarik.
ADVERTISEMENT
Digimod diatas adalah gambaran betapa besarnya potensi Honda Jazz generasi keempat untuk dimodifikasi. Jadi tidak sabar untuk menunggu kehadiran Honda Jazz ini, pastinya dengan berbagai aliran modifikasi yang dilakukan. Mungkin salah satunya seperti digimod yang Saya buat? Semoga bisa menjadi inspirasi modifikasi! Hehe
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan