Food & Travel
·
27 Juli 2021 19:17
·
waktu baca 2 menit

Kampung Botol Punya Batik?

Konten ini diproduksi oleh Benaya Arta Hendratri
Kampung Botol Punya Batik? (852257)
searchPerbesar
Proses Pembuatan Batik Tulis
Menyandang gelar kelurahan untuk suatu daerah identik dengan wilayah yang modern dan menjadi pusat bisnis. Sebenarnya kelurahan juga memiliki tempat–tempat wisata dan kerajinan yang memiliki kesan tradisional juga.
ADVERTISEMENT
Kelurahan Rembang, Kecamatan Sananwetan memang kerap dijuluki Kampung Botol Karena kesuksesannya membina warga setempat untuk memanfaatkan limbah khususnya botol plastik menjadi kerajinan bernilai tinggi serta media tanam.
Di balik kesuksesan Kelurahan Rembang, Kecamatan Sananwetan menjadi Kampung Botol terdapat kelompok pengrajin batik dari warga Rembang. Batik Putri Ayu yang dibuat oleh mereka berawal dari pelatihan yang diadakan oleh Kelurahan Rembang serta Dinas Koperasi dan UMKM. Batik Putri Ayu yang dibuat oleh kelompok pengrajin itu telah mengikuti banyak pameran–pameran budaya yang diadakan di Kota Blitar sebagai bentuk ambil bagian dalam melestarikan warisan nenek moyang bangsa Indonesia tentunya.
Batik yang dibuat oleh mereka terlihat rapi dan memiliki perpaduan warna yang cerah. Terlebih untuk batik tulis yang memiliki kesan khusus karena dibuat langsung oleh mereka untuk kita. Kesan eksklusif ini menjadi suatu nilai tambah tersendiri.
Kampung Botol Punya Batik? (852258)
searchPerbesar
Batik Putri Ayu
Kain batik ini tentunya cocok untuk kamu jadikan buah tangan jika kamu sedang berwisata di Kota Blitar. Jika kamu tertarik dengan kerajinan batik atau sedang mencari, kamu dapat membelinya melalui website Dinas Koperasi dan UMKM (https://ummek.blitarkota.go.id/produk/read/4/batik-putri-ayu) atau bisa langsung berkunjung ke Kelurahan Rembang.
ADVERTISEMENT
Sedikit tips untuk kamu nih, jika yang kamu cari adalah batik tulis, coba perhatikan motif depan dan belakangnya. Batik tulis cenderung memiliki motif yang sama baik depan dan belakangnya serta motif yang terbentuk terlihat lebih luwes.