News
·
20 September 2019 2:56

Tenun Balai Panjang Payakumbuh di ASC New York Fashion Week 2019

Konten ini diproduksi oleh Bengawan News
 Tenun Balai Panjang Payakumbuh di ASC New York Fashion Week 2019   (272062)
Desainer International asal Solo, Tuty Adib mengangkat konsep tenun Balai Panjang Payakumbuh Sumatera Barat. (Agung Santoso)
SOLO - Kekayanan seni bangsa menjadi ide inspirasi kuat desainer internasional asal Solo, Tuty Adib. Wanita berpenampilan feminim ini tidak mau main-main dalam mendesainer dengan dibuktikan design bertema "Blossom Minang". Tidak berhenti disitu, desain tersebut juga disajikan saat acara ASC New York Fashion Week 2019 yang diikutinya awal September 2019.
ADVERTISEMENT
"Mengangkat konsep tenun Balai Panjang Payakumbuh Sumatera Barat (Sumbar)," jelasnya sembari memperlihatkan designnya beserta rajutan tas dan dua pasang sepatu.
Ini merupakan kedua kalinya dirinya mengangkat tenun Balai Panjang ke kancah fashion internasional. Tenun Balai Panjang memiliki ciri khas dimana motif-motifnya selalu mengambil inspirasi dari kekayaan seni budaya. Dengan keunggulan tenun yang nyaman dikenakan karena berbahan dasar katun. Tidak hanya itu, untuk bisa memukau para desainer dan tamu undangan maka dipilihnya koleksi busana modest untuk spring summer 2020 dengan warna-warna cerah dan sejuk.
"Pilihannya jatuh pada warna-warna pastel seperti peach, cream, beige, neo mint green, orange, cantaloupe dan putih. Semua warna ini mendominasi 12 set koleksi saya yang saya usung ke ASC New York Fashion Week 2019," tandas Tuty yang pernah dipercaya Presiden Joko Widodo dalam mendesain baju.
 Tenun Balai Panjang Payakumbuh di ASC New York Fashion Week 2019   (272063)
Acara ASC New York Fashion Week 2019. (Agung Santoso)
Keseriusan Tuty dalam mengangkat tema tersebut, beberapa kain tenun diproses dengan menggunakan pewarnaan alam. Setidaknya menjadikan kokeksi ini memiliki keunikan warna tersendiri dan kesan chic feminin elegan tetap muncul di rancangannya.
ADVERTISEMENT
Detail bordir dan sedikit sematan manik-manik menambah keindahan koleksi Spring Summer 2020 ini.
"Garis cutting dengan siluet H. Selain baju panjang atau gamis, konsep padu padan (mix and match) celana panjang, outer blus banyak mewarnai pada koleksi kali ini," terangnya ketika ditemui.
ASC Newyork Fashion Week 2019 ini merupakan event panggung kedua kalinya di dunia yang diikuti oleh Tutyadib x Tenun Balaipanjang Payakumbuh. Setelah Fashion Scout London Fashion Week 2018, bulan Februari. Pada ASC 2019 ini Tuty Adib bersama 10 desainer modest yang tergabung dalam Indonesia Modest Fashion Designer, semua memasukkan unsur kekayaan Wastra Nusantara pada koleksi SS20.
(Agung Santoso)