News
·
24 Oktober 2020 17:33

Bangun Makam, Cara Warga Pandeyan Ingatkan untuk Tak Buang Sampah Sembarangan

Konten ini diproduksi oleh Bengawan News
Bangun Makam, Cara Warga Pandeyan Ingatkan untuk Tak Buang Sampah Sembarangan (272197)
Pemandangan berbeda terlihat di dekat flyover Solo - Ngawi tepatnya di Desa Pandeyan, Ngemplak, Boyolali. Terlihat sebuah makam yang mendadak muncul di tepi jalan menuju flyover
BOYOLALI - Pemandangan berbeda terlihat di dekat flyover Solo - Ngawi tepatnya di Desa Pandeyan, Ngemplak, Boyolali. Terlihat sebuah makam yang mendadak muncul di tepi jalan menuju flyover.
ADVERTISEMENT
Makam itu terlihat masih baru, di sekeliling makam itu juga dikelilingi dengan batu bata. Di sebelah makam itu juga terlihat spanduk bertuliskan "Buang Sampah di Sini, Kemarin Ada yang Kesurupan".
Usut punya usut, ternyata makam tersebut merupakan makam buatan dari relawan Ras Pecinta Alam (Raspala) Desa Pandeyan. Makam itu sengaja dibuat di dekat flyover Pandeyan lantaran lokasi tersebut sering digunakan untuk membuang sampah.
Dengan adanya makam di sana, diyakini bisa membuat warga yang membuang sampah menjadi ketakutan. Lantaran, selama ini sering diingatkan namun warga masih nekat membuat sampah di sana.
Bangun Makam, Cara Warga Pandeyan Ingatkan untuk Tak Buang Sampah Sembarangan (272198)
Makam itu terlihat masih baru, di sekeliling makam itu juga dikelilingi dengan batu bata. Di sebelah makam itu juga terlihat spanduk bertuliskan "Buang Sampah di Sini, Kemarin Ada yang Kesurupan"
Menurut keterangan dari Ketua Raspala, Lingga Rolando, makam tersebut baru seminggu dibuat. Ia mengaku pembuatan makam tersebut lantaran lokasi itu menjadi pembuangan sampah.
ADVERTISEMENT
"Tempat itu dibuatkan makam karena sering digunakan buang sampah. Kami sudah bersihkan tetap saja ada yang buang di sana. Akhirnya, kami bikin ide bangun makam supaya tidak mau buang sampah lagi di sini. Masyarakat kan kalau sama makam atau kuburan gitu takut," jelas Lingga, Sabtu (24/10).
Ia mengaku, selama ini yang sering membuang sampah di lokasi tersebut bukanlah warga Pandeyan, melainkan dari warung makan serta dari ayam potong.
Tak tanggung-tanggung, sampah yang dibuang di lokasi itu sendiri juga berisi muatan banyak sampah.
Bangun Makam, Cara Warga Pandeyan Ingatkan untuk Tak Buang Sampah Sembarangan (272199)
Makam tersebut merupakan makam buatan dari relawan Ras Pecinta Alam (Raspala) Desa Pandeyan. Makam itu sengaja dibuat di dekat flyover Pandeyan lantaran lokasi tersebut sering digunakan untuk membuang sampah
"Dulu sebelum ada tol, kita pasang CCTV dan sempat jera. Tapi setelah itu balik lagi, karena CCTV enggak kami pasang lagi," paparnya.
Masyarakat yang sering membuang sampah di sana diketahui pada pagi dini hari. Untuk membuat efek jera agar tidak membuang sampah di sana, ia bersama dengan warga Pandeyan berinisiatif membuat makam. Hasilnya pun tidak ada yang membuang sampah di sana.
ADVERTISEMENT
"Tidak ada lagi yang buang sampah di sini setelah makam itu dibuat," tutupnya. (Tara Wahyu)
Bangun Makam, Cara Warga Pandeyan Ingatkan untuk Tak Buang Sampah Sembarangan (272200)
Dengan dibuatkannya makam di Desa Pandeyan, Ngemplak, Boyolali, warga sudah tidak lagi membuang sampah di lokasi ini