Pencarian populer

Dua Program Desa siap bersaing dalam Lomba Desa Tingkat Nasional

Program tanggap bencana dalam lomba desa tingkat nasional. (Tara Wahyu)
Surakarta - Dua program unggulan di Kelurahan Mangkubumen, Banjarsari, Surakarta akan diperlombakan dalam Lomba Desa Tingkat Nasional. Kedua program itu meliputi Kelompok Seni dan Usaha Menengah Kelurahan Mangkubumen (Mpok Sinah Klamben) dan Mangkubumen Lawan Rentenir (Mangku Lawren).
ADVERTISEMENT
Dua program unggulan itu mampu menjadi program kreatif dan unggulan Kota Solo mengalahkan Kota Semarang dan Magelang dalam lomba desa tingkat provinsi. Bahkan, setahun terakhir program Mangku Lawren menjadi program jempolan untuk Kota Surakarta.
Mangku Lawren sendiri merupakan kegiatan sosial kemasyarakatan untuk membantu masyarakat yang terjebak dalam rentenir. Menurut paparan kepala Kelurahan Mangkubumen, Beni Supartono Putro dalam Penilaian Lomba Desa Tingkat Nasional Mangku Lawren akan membantu masyarakat walau hanya berkontribusi sedikit.
"Mangku Lawren mempunyai filosofi ra ketang klungsu melu udu yang artinya meski hanya sebiji isi buah asam tetapi tetap ikut andil. Dengan demikian sejumlah warga yang mempunyai kemampuan finansial bisa membantu dalam mengumpulkan donasi," ungkapnya dalam Pemaparan Program Lomba Desa, Selasa (16/7).
Saat juri tingkat nasional melakukan penilaian. (Tara Wahyu)
Bagi Masyarakat yang sudah ditebus hutangnya wajib untuk mengisikan kotak infak yang secara periodik digunakan untuk membantu yang lainnya. Keunggulan yang lainnya adalah Mpok Sinah Klamben, mampu mengembangkan usaha ekonomi masyarakat bawah.
ADVERTISEMENT
"Kesenian akan terus kita kembangkan dengan sanggar tari yang ada di Mangkubumen, begitu juga dengan UKM, dimana sebelumnya berada di timur kelurahan kita akan pindah ke Sasana Krida. Setiap harinya nanti di Sasana Krida akan kita adakan kegiatan," ungkap kepala Kelurahan Mangkubumen Beni Supartono Putro.
Beni optimis programnya akan bisa bersaing dengan program lain di tingkat nasional. Saat penilaian lomba desa yang dilakukan selasa (16/7) siang, beberapa program juga telah ditampilkan oleh Kelurahan Mangkubumen, seperti tanggap bencana, kegiatan keagamaan dan program bank sampah. (Tara Wahyu NV)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86