Pencarian populer

Eco JPO, Jembatan Baru di Solo dengan Konsep Ramah Lingkungan

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, saat acara simbolis peresmian Eco JPO (Jembatan Penyebrangan Orang) yang belokasi di depan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Moewardi, Solo pada Jumat (10/5/2019). (Tara Wahyu N.V.)

SOLO - Konsep ramah lingkungan dihadirkan pada Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) yang belokasi di depan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Moewardi, Solo. Jembatan yang dikenal dengan Eco JPO ini sudah bisa dioperasikan mulai Jumat (10/5/2019). Eco JPO merupakan proyek dari Teknologi Litbang Jalan dan Jembatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pemerintah Kota Solo memberikan nama "Gladhag Panti Husada" untuk jembatan tersebut.

Dalam pembuatannya, Eco JPO mengedepankan konsep-konsep futuristik, seperti menghemat energi dengan menggunakan panel surya. Selain itu, juga terdapat aspek ekonomi dan sosial dalam Eco JPO.

"Sebagai contoh, penerangan jembatan diimplementasikan menggunakan panel surya, lalu air hujan diali fungsikan dan ditransfer untuk menyirami tanaman. Kemudian lanjut aspek ekonomi dan sosial." ujar Deded selaku Kepala Pusat Litbang Jalan dan Jembatan Kementerian PUPR.

Dari aspek ekonomi, Eco JPO diharapkan bisa menjadi tempat untuk berjualan para pedagang kaki lima (PKL), walaupun hanya diperuntukkan bagi 4 pedagang. Sedangkan dari aspek sosial bisa diperuntukkan untuk para penyandang disabilitas. Kedepannya, Eco JPO akan diberi tambahan lift.

Terkait nama Gladhag Panti Hudada, Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengatakan nama "Gladhang" berasal dari Bahasa Jawa yang berarti "jembatan". Sedangkan "Panti Husada" memilik makna "Ngudi Kesehatan" (periksa kesehatan). Jadi, Gladhag Panti Hudada memiliki jembatan tempat pemeriksa kesehatan, karena lokasinya yang berdekatan dengan RSUD Dr. Moewardi.

Eco JPO mengusung konsep ramah lingkungan dan juga bisa digunakan kaum penyandang disabilitas. (Tara Wahyu N.V.)

"Hari ini Gladhag Panti Husada sudah bisa dioperasikan. Kami berharap lift-nya bisa segera dipasang. Teman-teman difabel juga bisa memanfaatkan JPO ini." ujar Rudi saat hadir di acara peresmian Eco JPO.

Dari segi keamanan, Satpol PP akan bergerak akan patroli untuk memastikan tidak ada penyalahgunaan Eco JPO oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Pihak pengelola juga akan menghimbau pengguna Eco JPO untuk tidak merokok. (Tara Wahyu N.V.)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.32