News
·
12 Mei 2021 19:32

Gelar Salat Idul Fitri, Masjid Agung Solo Batasi Jumlah Jemaah

Konten ini diproduksi oleh Bengawan News
Gelar Salat Idul Fitri, Masjid Agung Solo Batasi Jumlah Jemaah (233573)
Masjid Agung yang berada di kompleks Keraton Solo
SOLO-Masjid Agung yang berada di kawasan Keraton Kasunanan Solo akan menggelar Salat Idul Fitri berjamaah pada Kamis pagi (13/05/2021). Mereka akan membatasi jumlah jemaah agar peribadahan itu bisa digelar sesuai protokol kesehatan.
ADVERTISEMENT
Kepala Tata Usaha Masjid Agung Solo, Muhammad Alif mengatakan masjid kuno itu memiliki kapasitas hingga 10 ribu jemaah. "Karena masih pandemi, nanti hanya 3.000 sampai 5.000 orang yang melaksanakan Salat Idul Fitri," katanya, Rabu (12/05/2021).
Pembatasan tersebut dilakukan agar jemaah bisa melakukan physical distancing saat melaksanakan ibadah tersebut. Sebagian jemaah juga akan ditempatkan di serambi maupun halaman masjid.
Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan khatib dan imam untuk memperpendek khotbah dan bacaan surat. Langkah itu diambil agar pelaksanaan Salat Idul Fitri bisa selesai dengan lebih cepat.
Untuk mengurangi antrean, pihaknya juga akan membuka tiga pintu gerbang untuk masuk ke kompleks masjid. Setiap pintu akan dijaga petugas yang melakukan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermogun.
ADVERTISEMENT
"Bagi jemaah yang suhu tubuhnya di atas 37 derajat celcius tidak diperbolehkan masuk kompleks masjid," ucapnya.
Sebagai informasi, pada tahun lalu masjid yang merupakan salah satu cagar budaya itu tidak menggelar Salat Idul Fitri. Pada lebaran ini mereka kembali menggelarnya dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.
(Tara Wahyu)