News
·
26 Desember 2019 18:38

Gerhana Matahari Cincin, Masyarakat Solo Lebih Memilih Sholat Gerhana

Konten ini diproduksi oleh Bengawan News
Gerhana Matahari Cincin, Masyarakat Solo Lebih Memilih Sholat Gerhana (33)
Sholat gerhana di Masjid Agung Solo. (Tara Wahyu)
SOLO - 26 Desember 2019 tejadi fenomena gerhana matahari cincin disebagian wilayah Indonesia seperti Sumatera dan Kalimantan bisa menyaksikan langsung fenomena tersebut. Namun, untuk daerah-daerah lain, juga bisa melihat gerhana matahari cincin dengan menggunakan kacamata khusus.
ADVERTISEMENT
Berbeda dengan kebanyakan kota yang memilih menyaksikan langsung gerhana matahari di lapangan atau tempat terbuka. Masyarakat Kota Solo lebih antusias melaksanakan sholat gerhana di Masjid Agung.
Masjid Agung dipenuhi masyarakat yang sedang berwisata di Kota Solo dan juga sekaligus melakukan sholat gerhana. Suci Bangun, salah satu warga Boyolali yang berkunjung ke Pasar Klewer menyempatkan untuk sholat gerhana matahari sejenak.
"Kebetulan pas lagi disini, ternyata ada sholat gerhana, ya sekalian sholat, kan kalau di Solo enggak bisa lihat langsung jadi pilih sholat aja," ungkap Suci, Kamis (26/12).
Sementara itu, Mustain Nashoha, Khatib sholat gerhana, menghimbau agar masyarakat tidak berspekulasi tentang gerhana membawa bencana dan akan terjadi suatu musibah.
ADVERTISEMENT
"Ketika terjadi gerhana kita tidak boleh membuat kita percaya akan terjadi suatu bencana dan musibah yang akan menimpa," uangkapnya.
Dia juga mengungkapkan, agar masyarakat lebih memperbanyak do'a dan mendekatkan diri pada sang pencipta serta untuk meningkatkan ibadah kita.
"Seperti perintah Nabi Muhammad, untuk memperbanyak do'a dan dzikir, menjauhi perbuatan-perbuatan keji dan lebib mengingat kepada orang lain," ujar Mustain.
(Tara Wahyu)