News
·
16 November 2020 19:54

Gibran Targetkan Kembangkan Wellness Tourism Indonesia di Solo

Konten ini diproduksi oleh Bengawan News
Gibran Targetkan Kembangkan Wellness Tourism Indonesia di Solo (22828)
Gibran menargetkan Wellness Tourism Indonesia agar dikembangkan secara serius di Kota Solo
SOLO - Meskipun tidak memiliki kekayaan alam, tapi potensi wisata kesehatan menjadi gagasan putra sulung Presiden Joko Widodo. Gibran Rakabuming Raka setiap kesempatan dalam kampanyenya sebagai Calon Wali Kota Solo selalu menyampaikan gagasan tentang wisata tersebut yang dikenal Wellnes Tourism.
ADVERTISEMENT
"Sebenarnya Wellness Tourism ini sudah ada di Kemenparekraf sejak lama. Kami punya kekuatan heritage spa, jamu, pengobatan alternatif, yoga, dan event olahraga," ujarnya, Senin (16/11).
Lebih lanjut, Gibran menilai potensi Wellness Tourism Indonesia belum digarap secara serius dan maksimal. Padahal tren wisata saat ini sudah bergeser dari pariwisata alam seperti pegunungan dan pantai, tapi ke arah wisata yang menyehatkan badan. Dia berencana menggarap dan memaksimalkan potensi di bidang Wellness Tourism jika terpilih sebagai Wali Kota Solo.
"Jadi liburan tidak melulu harus ke tempat wisata pantai dan gunung, tapi bisa juga untuk menyehatkan badan," sambung Gibran.
Gibran Targetkan Kembangkan Wellness Tourism Indonesia di Solo (22829)
Gibran Rakabuming Raka setiap kesempatan dalam kampanyenya sebagai Calon Wali Kota Solo selalu menyampaikan gagasan tentang wisata tersebut yang dikenal Wellnes Tourism
Dia mencontohkan wisata kesehatan berupa pijat refleksi dan sejenisnya. Ada metode luluran atau totok wajah. Semuanya itu pakai banyak bahan-bahan herbal tradisional asli Indonesia seperti kayu manis, kelapa. Bisa untuk badan, rambut, dan lainnya.
ADVERTISEMENT
"Jadi Indonesia Wellness Tourism-nya kalau digarap benar-benar bisa nomor satu di dunia," sambungnya.
Menurutnya, beberapa waktu terakhir Wellness Tourism mulai dijadikan paket-paket layanan yang ditawarkan kepada para tamu. Seperti layanan yoga, heritage spa, dan aktivitas kesehatan lainnya. Selain itu, berbagai layanan kesehatan itu dinilai lebih menarik bagi wisatawan karena menggunakan aneka rempah atau herbal asli Tanah Air. Berbeda dengan cairan yang digunakan untuk layanan Wellness Tourism di luar negeri yang pakai cairan chemical.
"Contoh di Solo itu yang miliknya Mustika Ratu di Jln. Slamet Riyadi yaitu heritage spa yaitu pijat pakai rempah-rempah asli Indonesia. Itu di negara lain tidak ada. Mereka, (luar negeri) pakai chemical semua. Kalau kita punya herbal-herbal yang benar-benar bisa menyehatkan badan. Apalagi ada jamu yang sekarang dibutuhkan sekali untuk imunitas tubuh," terangnya. (Agung Santoso)
ADVERTISEMENT