Pencarian populer

Hut ke 109, Wayang Orang Sriwedari Akan Pentaskan Mahabaratha Adirata

Jumpa pers hut ke 109 Wayang Orang Sriwedari bersama dengan dinas kebudayaan. (Tara Wahyu)
Surakarta - Wayang Orang Sriwedari telah memasuki usia 109 tahun pada tahun 2019. Untuk merayakan hari jadinya jadi yang ke 109 Wayang Orang Sriwedari akan menampilkan pementasan wayang orang dengan kisah Mahabaratha Adirata yang menceritakan kisah Mahabaratha yang akan digelar pada hari Sabtu (20/7) di Gedung Wayang Orang Sriwedari (GWO).
ADVERTISEMENT
Kisah mahabaratha Adiratha mengkisahkan pandhawa dari awal perjuangan hingga memenangkan perang Barathayudha. Menurut Agus Prasetyo, Koordinator Wayang Orang Sriwedari mengatakan tahun ini akan menghadirkan perayaan akbar.
Agus mengungkapkan akan melibatkan seniman-seniman dari luar sriwedari seperti Institut Seni Indonesia Surakarta, SMK Negeri 8, Wayang Orang RRI, Sanggar Swargaloka di Jakarta, serta beberapa seniman dari daerah seperti Sragen.
"Pementasan ini diharapkan bisa menggugah semangat dan sebagai dukungan moral untuk pemerintah kota untuk melakukan pembangunan GWO," ungkapnya.
Dalam kesempatan itu juga, Sutradara pementasan Billy Aldi Kusuma menceritakan lakon Mahabartha Adirtha tidak merujuk pada episode tertentu. Mahabaratha berceritakan tentang perjalanan pandhawa ketika melakukan tindakan yang baik dalam kehidupannya. Pentas tersebut tidak mengangkat salah satu tokoh yang gugur dalam batarayudha tetapi menampilkan tokoh yang ada kaitannya dengan perjalanan pandhawa.
ADVERTISEMENT
"Cerita bukan kemenangan pandawa dalam menyelesaikan batarayudha tapi kisah oandhawa menjalani hidup dengan ikhlas menjalani pahitnya hidup," tutur Billy.
Dalam pementasan tersebut menampilkan tradisi yang bisa menjawab tantangan zaman. Menunjukan bagaimana pertunjukan wayang orang bisa dinikmati oleh khalayak muda tapi tetap dengan penuh nilai-nilai.
Pementasan Wayang Orang ditargetkan akan bisa memenuhui kapasitas GWO sebanyak 700-800 orang. Acara nanti juga akan dimeriahkan dengan stan kuliner, bazar, spot berfoto, dan pameran foto. (Tara Wahyu)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86