News
·
28 April 2021 20:27

Kakorlantas: Penyekatan Pemudik di Solo Dilakukan 3 Tahap

Konten ini diproduksi oleh Bengawan News
Kakorlantas: Penyekatan Pemudik di Solo Dilakukan 3 Tahap (94787)
Kepala Korlantas Irjen Pol Istiono (nomor 4 dari kanan) meninjau pos penyekatan pemudik di Kota Solo
SOLO-Kepala Korlantas Irjen Pol Istiono meninjau pos penyekatan pemudik di Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (28/04/2021). Saat ini, Kota Solo telah menyiapkan 5 pos penyekatan pemudik di perbatasan kota.
ADVERTISEMENT
Istiono menyebut Kota Solo merupakan salah satu daerah yang mendapat perlakuan khusus terkait kebijakan peniadaan mudik pada tahun ini. "Wilayah-wilayah seperti Kota Solo ini (termasuk) wilayah aglomerasi," katanya.
Hal itu membuat peniadaan mudik harus melalui beberapa tahapan lantaran Kota Solo menjadi penghubung bagi kabupaten-kabupaten di sekitarnya. Istiono menyebut polisi bersama pemerintah akan melakukan penyekatan hingga 3 tahap.
Tahap pertama menurutnya berlangsung pada 22 April-5 Mei. Dalam tahap tersebut mereka masih memperkenankan pengendara melintas di kota itu. Namun, mereka akan memberlakukan treatment khusus. "Yaitu dengan rapid test antigen gratis di spot-spot tertentu," katanya.
Pelaku perjalanan yang mendapatkan hasil negatif bisa melanjutkan perjalanannya ke tempat tujuan. Namun, mereka yang mendapatkan hasil positif akan diisolasi dan dirujuk ke tempat isolasi maupun rumah sakit.
ADVERTISEMENT
Sedangkan tahap kedua akan dimulai pada 6-17 Mei. Pada tahapan tersebut, petugas tidak akan memperkenankan para pemudik untuk masuk ke Kota Solo dan akan meminta untuk berputar balik.
Sedangkan di tahap ketiga, lanjutnya, akan berlangsung pada 18-24 Mei. Dalam tahap tersebut petugas akan menerapkan kebijakan dan treatment yang sama dengan tahap pertama.
Selain penjagaan di perbatasan, Istiono mengingatkan bahwa pemerintah juga akan melakukan pemeriksaan di permukiman terkait dengan keberadaan pemudik. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi adanya pemudik yang lolos di pos penyekatan.
Sedangkan Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menyebut pihaknya akan melakukan penanganan yang tegas terhadap para pemudik selama 6-17 Mei. Pihaknya akan melakukan pemeriksaan menggunakan rapid test antigen.
ADVERTISEMENT
"Mereka yang positif akan dibawa ke Asrama Haji Donohudan," katanya. Sedangkan pemudik yang hasil pemeriksaannya negatif harus menjalani karantina di Solo Technopark selama 5 hari.
(Fitri Radianti)