News
·
21 April 2021 17:24

Kota Solo Mulai Lakukan Penyekatan Pemudik pada 1 Mei

Konten ini diproduksi oleh Bengawan News
Kota Solo Mulai Lakukan Penyekatan Pemudik pada 1 Mei (5607)
Gapura Makutho, salah satu lokasi penyekatan pemudik di Kota Solo
SOLO-Pemerintah Kota Solo akan mulai melakukan penyekatan terhadap kendaraan pemudik pada 1 Mei mendatang. Penyekatan dilakukan di beberapa pos yang akan dibangun di batas kota.
ADVERTISEMENT
Aturan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo Nomor 067/1156 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro yang diterbitkan 19 April 2021.
"Kami buat dulu sosialisasi kepada masyarakat di pertengahan bulan ini," kata Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Solo, Ahyani, Rabu (21/04/2021). Selanjutnya, penyekatan akan berlaku efektif mulai 1 Mei.
Dalam pelaksanaannya, mereka akan memeriksa setiap kendaraan yang masuk ke dalam kota. Jalur hanya akan dibuka untuk kendaraan pelayanan distribusi logistik dan pelaku perjalanan dengan keperluan mendesak untuk kepentingan nonmudik seperti perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka, ibu hamil didampingi oleh satu orang.
Namun, para pelaku perjalanan tersebut tetap harus membawa Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) untuk bisa memasuki kota itu. SIKM itu bisa diperoleh dari instansi atau aparat kelurahan dan desa dari tempat asal.
ADVERTISEMENT
"Surat izin tersebut hanya berlaku satu kali untuk perjalanan pulang pergi ," tuturnya. Bagi pelaku perjalanan yang tidak mempunyai surat izin tersebut wajib menjalani karantina selama 5 hari di lokasi yang telah disediakan.
Rencananya, Pemkot Solo akan menyediakan gedung Solo Technopark sebagai tempat karantina bagi para pemudik. Selain itu, para pemudik juga diperkenankan untuk melakukan karantina di hotel dengan biaya mandiri.
(Tara Wahyu)