News
·
12 Juni 2021 17:29
·
waktu baca 2 menit

Menteri Basuki Jamin Kali Pepe Solo Bebas Banjir

Konten ini diproduksi oleh Bengawan News
Menteri Basuki Jamin Kali Pepe Solo Bebas Banjir (2473)
searchPerbesar
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono bersama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming
SOLO - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono bersama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming telah mengecek pembangunan pintu air Demangan yang berlokasi di Pucang Sawit, Jebres, Solo, Sabtu (12/6/2021).
ADVERTISEMENT
Basuki mengklaim, bahwa pintu air tersebut telah selesai di kawasan bantaran Kali Pepe Solo dan bebas banjir mulai tahun depan. Progres pengerjaan pintu air Demangan telah berjalan 60 persen.
"Insya Allah tahun depan bisa bebas banjir yang di kawasan Pucang Sawit. Pintu air Demangan dibangun untuk mengendalikan banjir lantaran di daerah itu kerap terjadi banjir, lantaran pintu air yang lama sudah tidak layak," katanya.
Menurutnya, pintu air Demangan difungsikan bila debit air sungai Bengawan Solo mulai naik. Selain itu, dengan adanya perubahan iklim debit Sungai Bengawan Solo saat ini, misal hujan satu atau dua jam saja sudah bisa meluap sehingga pintu air dipindahkan.
"Ada enam pompa dapat dioperasikan untuk memompa air dari Kali Pepe, di mana lima di antaranya pompa utama dan satu pompa cadangan, sehingga debitnya 70 kubik per detik," ujarnya.
Menteri Basuki Jamin Kali Pepe Solo Bebas Banjir (2474)
searchPerbesar
Pengecekan pembangunan pintu air Demangan yang berlokasi di Pucang Sawit, Jebres, Solo, Sabtu (12/6/2021)
Proyek yang beranggaran 71 miliar itu ditargetkan selesai pada akhir tahun ini. Teknis pintu air Demangan untuk mengatur elevasi Kali Pepe yang bermuara ke Sungai Bengawan Solo.
ADVERTISEMENT
"Mudah-mudahan tahun ini bisa selesai, ini sudah 60 persen. Mudah-mudahan (tahun depan bebas banjir), dan pengerjaan selesai termasuk proyek penataan sekitar sungainya," harapnya.
Sementara itu, untuk pintu air Demangan yang lama akan dijadikan heritage oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.
Gibran mengatakan rencananya proyek pembangunan heritage di pintu air Demangan yang lama akan dibangun setelah pintu air selesai.
"Kita baru mulai nanti kalau pembangunan pintu air Demangan yang baru sudah selesai," tutupnya. (Tara Wahyu)