News
·
6 April 2021 21:54

Pasien COVID-19 Kembali Antre Plasma Konvalesen di PMI Solo

Konten ini diproduksi oleh Bengawan News
Pasien COVID-19 Kembali Antre Plasma Konvalesen di PMI Solo (47313)
Relawan PMI Solo menggelar kampanye mengajak penyintas COVID-19 untuk berdonor plasma konvalesen (dok)
SOLO-Antrean permintaan donor plasma konvalesen di Palang Merah Indonesia (PMI) Solo kembali terjadi beberapa waktu terakhir. Hal ini terjadi lantaran jumlah pendonor mulai menyusut.
ADVERTISEMENT
Kepala Bagian Pengembangan PMI Kota Solo, Agni Romadhona selama beberapa bulan ini sudah tidak ada lagi antrean permintaan donor plasma konvalesen. Sebab, jumlah penyintas COVID-19 yang berdonor mampu mencukupi kebutuhan.
"Sedangkan saat ini ada 15 antrean," katanya, Selasa (06/04/2021). Kebanyakan membutuhkan donor dengan golongan daran A dan O.
Antrean itu tidak hanya berasal dari rumah sakit yang ada di Kota Solo. Beberapa pasien yang dirawat di rumah sakit di luar Kota Solo juga mengajukan permintaan donor plasma ke PMI Solo.
Menurut Agni, saat ini jumlah pendonor plasma konvalesen memang menyusut. Terlebih, setelah para penyintas COVID-19 sudah memperoleh suntikan vaksin.
"Penyintas yang telah mendapatkan vaksin sudah tidak bisa berdonor," kata Agni. Padahal, para penyintas sebenarnya memiliki kesempatan mendonorkan plasma darahnya hingga 3 kali.
ADVERTISEMENT
Saat ini, PMI Solo terus melakukan kampanye untuk mengajak para penyintas mendonorkan plasma darahnya. PMI Solo juga berkeliling ke beberapa perkantoran dan instansi yang pernah mengalami kondisi munculnya klaster perkantoran.
(Fernando Fitusia)