News
·
11 Juni 2021 21:09
·
waktu baca 1 menit

Pemprov Jateng Gagas Sertifikasi untuk Seniman

Konten ini diproduksi oleh Bengawan News
Pemprov Jateng Gagas Sertifikasi untuk Seniman (335975)
Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah Sinoeng Rachmadi
KARANGANYAR-Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah mengusulkan adanya sertifikat bagi para seniman. Sertifikasi itu diperlukan untuk memberikan kualifikasi bagi para pekerja di bidang seni
ADVERTISEMENT
"Kami akan bekerjasama dengan dengan instansi pemerintah lainnya untuk pengadaan sertifikat bagi para pekerja seni," kata Kepala Disporapar Jateng, Sinoeng Rachmadi saat ditemui di Hotel Lor In Karanganyar, Jum'at (11/06/2021).
Sinoeng mengaku telah berbicara dengan beberapa pihak terkait mengenai rencana tersebut. Sebagai realisasi, pihaknya bakal membentuk tim kurator sebagai penilai yang akan menentukan level bagi para pekerja seni.
Pihaknya juga akan selalu mendorong agar para seniman di Jawa Tengah bisa mengikuti proses sertifikasi itu dengan serius. Dia meyakini sertifikasi itu bakal membuat kualitas karya para pelaku seni bisa menjadi lebih baik dan memiliki daya saing.
"Kualitas pelaku seni bisa level up, apakah di tingkat lokal, nasional atau internasional. Strata ini dibuat untuk meningkatkan kompetensi pelaku seni," katanya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, pihaknya juga akan mengembangkan tempat-tempat wisata sebagai ajang kreasi para pelaku seni. Salah satunya adalah Taman Balekambang yang ada di Kota Solo. "Nanti kami akan berkoordinasi Dinas Pariwisata dan Dinas Pendidikan Kota Solo agar Taman Balekambang dihidupkan kembali," katanya.
(Tara Wahyu)