News
·
15 Oktober 2020 9:59

Pengusaha Kuliner Wong Solo Sampaikan Inovasi Usaha secara Daring

Konten ini diproduksi oleh Bengawan News
Video
SOLO - Pengusaha kuliner Wong Solo, Puspo Wardoyo berbagi inovasi bisnisnya selama ini secara daring. Penyampaian ini dalam forum Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE) menggelar IABIE Talk 2020 entrepreneur Series, Rabu (13/10) malam. Dia mengisahkan proses perjalanan bisnis kuliner di Indonesia dari ayam bakar hingga menu siap saji 'MakanKu'.
ADVERTISEMENT
"Namanya juga bisnis kuliner, selama 25 tahun ada pasang surutnya. Kuncinya berinovasi dan membangun brand baru untuk penyegaran dan mengembangkan bisnis kuliner," ungkap Puspo Wardoyo dalam pembicaraannya.
Dengan terbuka, dia menyampaikan kisahnya di depan seratusan peserta anggota IABE melalui Zoom dan channel YouTube. Dia bercerita, mulai dari modal 3 ekor ayam, hingga sekarang miliki 287 outlet di seluruh dunia.
Tidak hanya itu, dia mengatakan sejumlah brand kuliner di antaranya Ayam Bakar Wong Solo, ada Ayam Penyet Suroboyo, Iga Bakar, Ayam KQ 5, hingga paling akhir adalah Meal Ready Eat (MRE) MakanKu. Jenis menu MRE pertama di Indonesia.
"Prosesnya panjang, berawal dari keresahan jemaah haji yang susah makan ketika beribadah. Belum lagi kerepotan memasak. Setelah 4 tahun riset akhirnya tercipta menu 'MakanKu' yakni MRE yang sehat, instan, praktis, dan launching di masa yang tepat. Masa pandemi COVID-19," jelasnya.
Pengusaha Kuliner Wong Solo Sampaikan Inovasi Usaha secara Daring (129850)
Pengusaha kuliner Wong Solo, Puspo Wardoyo berbagi inovasi bisnisnya selama ini secara daring
Tidak hanya manfaat menu 'MakanKu' namun tempat atau wadah produk 'MakanKu' juga bisa dimanfaatkan. Sedangkan inilah bisnis atau peluang yang berujung serius membuat produk ini dengan membangun pabriknya.
ADVERTISEMENT
"Pabrik 'MakanKu' saat ini baru bisa memproduksi 5.000 box perhari, tahun depan sudah mempersiapkan pabrik baru dengan kapasitas produksi 25.000 box perhari," terangnya.
Dalam kesempatan yang sama, Manager MRE MakanKu, Ir. Sugiri menambahkan semua bahan berkualitas dan organik. Digunakan beras organik, telur omega 3, tidak menggunakan MSG, semua alat food grade dan yang utama bersertifikasi halal.
Pengusaha Kuliner Wong Solo Sampaikan Inovasi Usaha secara Daring (129851)
Penyampaian ini dalam forum Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE) menggelar IABIE Talk 2020 entrepreneur Series, Rabu malam (13/10)
Dua bulan launching antusias menu 'MakanKu' cukup banyak. Tahun depan siap membuka gerai di London UK, Jepang, Belanda. Bahkan memantapkan pasar di Saudi, Malaysia, dan Thailand yang sudah ada. Apalagi makanan Indonesia selama ini digemari di negara tesebut serta banyak warga Indonesia di negara tersebut.
"Misi kami Wong Solo menjadi rumah besar kuliner Nusantara dan kita gandeng semua kuliner di Indonesia dengan misi menjadi kuliner tingkat dunia," ujar Sugiri.
ADVERTISEMENT
Dalam acara tersebut terjadi dialog dengan sejumlah tokoh IABIE seperti Bambang Pujantyo, alumni IABIE yang lama tinggal di Jepang. Dia mengaku bangga dengan produk inovasi 'MakanKu' sekaligus menginspirasi masyarakat. Sama halnya Nurul, dia mendapat jawaban jika kemasan terjaga higienis dan mudah didaur ulang. (Agung Santoso)