News
·
19 April 2021 19:20

Peringati HUT ke-91, PSSI Usulkan Soeratin Jadi Pahlawan Nasional

Konten ini diproduksi oleh Bengawan News
Peringati HUT ke-91, PSSI Usulkan Soeratin Jadi Pahlawan Nasional (94204)
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di depan monumen Soeratin di Balai Persis Solo
SOLO-Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) bakal mengusulkan penganugarahan gelar pahlawan nasional untuk Soeratin Sosrosoegondo. Saat ini organisasi itu tengah berkomunikasi dengan beberapa pihak terkait.
ADVERTISEMENT
Hal itu diungkap oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat memperingati ulang tahun PSSI ke-91 di Balai Persis Solo, Senin (19/04/2021). "Kami menginginkan itu, tapi ada clue atau parameternya," kata pria yang akrab dipanggil Iwan Bule itu.
Menurut Iwan, Soeratin memiliki jasa besar dalam mengembangkan persepakbolaan di tanah air. Soeratin merupakan pendiri PSSI sekaligus ketua umum pertama di organisasi tersebut.
Saat ini PSSI sendiri telah memberikan tempat terbaik untuk mengenang jasa-jasa Soeratin. Salah satunya, nama Soeratin diabadikan menjadi nama salah satu turnamen sepak bola di Indonesia.
Iwan mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah menjalin komunikasi dengan beberapa pihak pihak terkait usulan tersebut. Beberapa diantaranya adalah Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).
ADVERTISEMENT
Menurut Iwan, Kota Solo menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dengan nama Soeratin dan sejarah PSSI. Sebab, di kota itulah Soeratin dan kawan-kawannya mendirikan PSSI pada 91 tahun silam. "Kota Solo ini bukan main-main untuk sepakbola. Solo menjadi cikal bakal PSSI," katanya.
Peringatan ulang tahun itu digelar secara sederhana sesuai protokol kesehatan di Balai Persis Solo. Di halaman gedung tersebut terdapat patung Soeratin yang telah menjadi salah satu bangunan cagar budaya di Kota Solo.
(Agung Santoso)