News
·
22 Februari 2021 21:33

Perjalanan Kereta Dibatalkan, Terminal Tirtonadi Solo Panen Penumpang

Konten ini diproduksi oleh Bengawan News
Perjalanan Kereta Dibatalkan, Terminal Tirtonadi Solo Panen Penumpang (40960)
Suasana Terminal Tirtonadi Solo (dok)
SOLO-PT Kereta Api Indonesia (Persero) membatalkan sejumlah perjalanan kereta api menuju Jakarta lantaran banjir. Akibatnya, banyak penumpang yang beralih menggunakan moda transportasi bus.
ADVERTISEMENT
Hal itu membuat jumlah penumpang di Terminal Tirtonadi terpantau naik selama beberapa hari terakhir. "Kenaikan jumlah penumpang sekitar 20 persen," kata Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto, Senin (22/02).
Fasilitas yang ada di terminal itu memang memudahkan peralihan moda transportasi dari kereta api ke bus dan sebaliknya. Terminal Tirtonadi terhubung dengan Stasiun Balapan Solo melalui skybridge yang telah dibangun beberapa tahun lalu.
Saat ini, PT KAI membatalkan 4 perjalanan kereta api dari Solo dan Yogyakarta lantaran banjir yang terjadi di ibu kota. Perjalanan yang dibatalkan meliputi KA Argo Lawu, KA Argo Dwipangga, KA Bengawan dan KA Progo.
Beberapa awak bus merasakan adanya kenaikan jumlah penumpang sejak 3 hari terakhir. "Kemarin-kemarin terminal sepi lantaran pandemi, sekarang sudah mulai banyak penumpang," kata Pradono, salah satu awak PO Zentrum Madu Kismo.
ADVERTISEMENT
Menurutnya, banyak masyarakat enggan menggunakan moda transportasi bus lantaran mengira wajib memiliki keterangan negatif COVID-19 melalui tes usap. Padahal, penumpang bus tidak wajib melakukan tes tersebut. "Kecuali bus jurusan Bali," katanya.
Salah satu calon penumpang, John Lase mengaku terpaksa membeli tiket bus lantaran perjalanan kereta api dibatalkan. "Harus segera ke Jakarta untuk bekerja," katanya.
Semula dia telah membeli tiket kereta api menuju Jakarta. Lantaran keberangkatan kereta api dibatalkan, dia memilih mengembalikan tiket dan melakukan refund. Kemudian, dia beralih menggunakan bus.
(Fernando Fitusia)