News
·
16 Juni 2020 20:59

PMI Latih Relawan Membuat Sabun Cuci Tangan dan Bagikan Gratis kepada Masyarakat

Konten ini diproduksi oleh Bengawan News
PMI Latih Relawan Membuat Sabun Cuci Tangan dan Bagikan Gratis kepada Masyarakat (105362)
PMI Kota Surakarta tengah melatih para anggota relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) dari 32 kelurahan di Kota Solo
SOLO - PMI Kota Surakarta tengah melatih para anggota relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) dari 32 kelurahan di Kota Solo, di Kampus Akbara Surakarta, Selasa (16/06).
ADVERTISEMENT
Usai menggelar pelatihan tersebut, dikatakan Koordinator Tim Kreatif Sibat Solo, Ester Murtiningsih, bahwa setelah sabun selesai dibuat akan dibagikan kepada masyarakat.
“Kami berbagi untuk peningkatan kapasitas. Kemudian setelah sabun ini selesai dibuat, kami bagikan dan sosialisasikan pemakaiannya kepada masyarakat supaya rajin mencuci tangan. Jadi, masih dalam rangka memutus mata rantai COVID-19,” ungkap Ester.
PMI Latih Relawan Membuat Sabun Cuci Tangan dan Bagikan Gratis kepada Masyarakat (105363)
Kegiatan dilakukan di Kampus Akbara Surakarta, Selasa (16/06)
Ester menyampaikan, untuk membuat 10 liter sabun cair, diperlukan bahan pokok texapon 1 kilogram (kg) dan garam dapur 1 kg, kemudian bahan tambahan sitrun 1 sendok makan (bisa diganti satu sendok perasan jeruk nipis tanpa campuran air), pewarna, dan aroma atau pewangi.
“Caranya, texapon dicampur dengan garam diaduk secara merata. Setelah tercampur diberi air sedikit sambil diaduk. Kemudian campurkan sitrun yang sudah dicampur air, pewarna dan aroma secara bersamaan dan diaduk hingga benar-benar tercampur merata, kemudian diamkan kurang lebih 5 jam hingga busa menghilang,” jelasnya.
PMI Latih Relawan Membuat Sabun Cuci Tangan dan Bagikan Gratis kepada Masyarakat (105364)
Para anggota relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) sedang mempraktikkan pembuatan sabun cuci tangan yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat
Ester menambahkan sabun tersebut sudah siap untuk dipakai dan mempunyai ketahanan kedaluwarsa selama satu tahun. Apabila kebingungan mencari bahan dasar, bisa mencarinya di toko kimia terdekat.
ADVERTISEMENT
“Harga ekonomis dan aman dipakai. Biasanya menghabiskan biaya sekitar Rp50 ribu jika ingin membuat sabun cair 10 liter secara mandiri. Selain ekonomis, juga bisa digunakan kapasitasnya sesuai keinginan dan bisa memilih selera varian aroma maupun pewarna sabun,” pungkasnya. (Fernando Fitusia)