News
·
17 Maret 2021 19:14

PMI Solo Mulai Mampu Sediakan Stok Plasma Konvalesen

Konten ini diproduksi oleh Bengawan News
PMI Solo Mulai Mampu Sediakan Stok Plasma Konvalesen (87173)
Relawan PMI Solo berkampanye donor plasma konvalesen beberapa waktu lalu (dok)
SOLO-Palang Merah Indonesia (PMI) Solo mulai mampu menyediakan stok plasma konvalesen untuk membantu pengobatan pasien COVID-19. Sebab, animo para penyintas untuk berdonor semakin meningkat.
ADVERTISEMENT
"Saat ini kita sudah punya stok meskipun baru sedikit," kata Kepala Bagian Pengembangan Mutu PMI Kota Solo, Agni Romadhona Vijayantimala, Rabu (17/03/2021).
Beberapa bulan lalu, antrean permintaan komponen darah plasma konvalesen di PMI Solo cukup panjang. Selain banyaknya pasien COVID-19 yang dirawat, jumlah pendonor juga masih sangat sedikit.
"Saat ini sudah bisa dipenuhi, tidak ada lagi antrean," kata Agni. Bahkan, permintaan plasma konvalesen yang berasal dari 50 pasien COVID-19 pada bulan kemarin semuanya bisa terpenuhi.
Menurut Agni, jumlah pendonor bertambah sejak pihaknya melakukan aksi jemput bola dengan mengajak para penyintas Corona untuk berdonor. "Kami berkeliling ke beberapa instansi," katanya.
Para petugas PMI Solo melakukan edukasi kepada para karyawan dan staf instansi yang pernah terpapar COVID-19 agar bersedia berdonor. Cara itu menurutnya sangat efektif untuk mendongkrak jumlah pendonor.
ADVERTISEMENT
Dia berharap para penyintas yang lain juga ikut melakukan hal serupa. Menurutnya, banyak pasien COVID-19 dengan gejala berat dan sedang berhasil sembuh lantaran memperoleh terapi plasma konvalesen.
(Fernando F/Anas Puspita/Malisa Putri)