News
·
4 Agustus 2021 15:33
·
waktu baca 1 menit

PPKM Level 4, Pemkot Solo Longgarkan Aturan Soal Kegiatan Pernikahan

Konten ini diproduksi oleh Bengawan News
PPKM Level 4, Pemkot Solo Longgarkan Aturan Soal Kegiatan Pernikahan (596504)
searchPerbesar
Ilustrasi kegiatan akad nikah virtual. (dok BengawanNews)
SOLO-Pemerintah Kota Solo mulai memberikan pelonggaran terhadap kegiatan pernikahan yang digelar selama PPKM Level 4. Mereka mengizinkan acara akad nikah digelar di tempat ibadah.
ADVERTISEMENT
Sejak diterapkannya PPKM Darurat, kegiatan pernikahan hanya boleh digelar di Kantor Urusan Agama dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Hanya saja, aturan itu membuat antrean pernikahan menjadi cukup panjang lantaran keterbatasan ruangan di dua kantor tersebut.
"Iya, kita berikan sedikit pelonggaran," kata Wali Kota Solo Gibran Rakabuming, Rabu (04/08/2021). Agar antrean berkurang, pihaknya memperkenankan acara akad nikah untuk digelar di tempat ibadah.
Pelonggaran itu termuat dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo Nomor 067/2377 tentang PPKM Level 4 Kota Solo yang mulai berlaku pada Selasa (03/08). Pelonggaran hanya diberikan khusus untuk tempat penyelenggaraan acara.
"(Aturan lain) masih mengikuti instruksi Mendagri, tidak ada yang kita ubah," kata Gibran Rakabuming.
Selain itu, penyelenggaraan pernikahan di tempat ibadah juga harus mendapat izin dari Satgas Penanganan COVID-19 Kota Solo.
ADVERTISEMENT
Terpisah, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Solo, Arif Darmawan meminta agar masyarakat yang menggelar kegiatan pernikahan di tempat ibadah mematuhi protokol kesehatan secara ketat.
Pihaknya juga akan melakukan pengawasan untuk memastikan bahwa kegiatan dilakukan sesuai aturan. "Kegiatan pernikahan maksimal dihadiri 10 orang," katanya mencontohkan.
Selain itu, pasangan pengantin juga harus membawa hasil pemeriksaan tes swab baik Antigen maupun PCR yang menyatakan negatif COVID-19.
(Tara Wahyu)