News
·
11 April 2021 10:07

Regenerasi PDIP, FX Hadi Rudyatmo Unggulkan Prananda Gantikan Megawati

Konten ini diproduksi oleh Bengawan News
Regenerasi PDIP, FX Hadi Rudyatmo Unggulkan Prananda Gantikan Megawati (452255)
Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Solo, FX Hadi Rudyatmo
SOLO-Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Solo, FX Hadi Rudyatmo menyatakan bakal memberikan dukungan kepada Prananda Prabowo untuk menjadi ketua umum partai tersebut. Dukungan itu akan diberikan saat PDIP melakukan suksesi melalui mekanisme kongres.
ADVERTISEMENT
Menurut Rudyatmo, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri telah memberikan sinyal untuk melakukan regenerasi di partainya pada 2024 mendatang. "Kami berharap pengganti Ibu Megawati sebagai ketua umum juga berasal dari trah Soekarno," katanya, Sabtu (10/04/2021).
Rudyatmo berharap agar kepemimpinan partai berlambang banteng bulat itu bisa dilanjutkan oleh salah satu cucu Soekarno, Prananda Prabowo. Menurutnya, Prananda merupakan sosok yang paling tepat untuk menggantikan Megawati di kursi Ketua Umum PDIP.
Mantan Wali Kota Solo itu beralasan bahwa Prananda memiliki beberapa kelebihan sehingga dianggap layak untuk memimpin partai itu. "Dia adalah seorang pemikir dan selalu bekerja untuk perjuangan partai," katanya.
Prananda selama ini juga telah banyak berkiprah dalam menjalankan partai dari balik ruang kendali situation room PDIP. Selain itu, Prananda dianggap tidak memiliki ambisi untuk menjadi seorang pejabat di pemerintahan maupun di legislatif.
ADVERTISEMENT
Meski belum ada kejelasan kapan suksesi itu akan berlangsung, Rudyatmo menyebut dukungan itu tidak terlalu dini. "Regenerasi memang harus disiapkan sejak awal," katanya. Dia yakin suksesi di tubuh PDIP akan terjadi melalui mekanisme kongres.
Disinggung mengenai sinyal regenerasi yang dimunculkan oleh Megawati, Rudyatmo menganggapnya sebagai hal yang wajar. "Usia Bu Megawati terus bertambah," katanya. Selin itu, Megawati juga telah memimpin partai itu lebih dari 20 tahun.
(Ahmad R)