News
·
15 Februari 2021 15:16

Stasiun Balapan Solo Mulai Buka Layanan Pemeriksaan GeNose C19

Konten ini diproduksi oleh Bengawan News
Stasiun Balapan Solo Mulai Buka Layanan Pemeriksaan GeNose C19 (181881)
Calon penumpang melakukan pemeriksaan COVID-19 dengan peralatan GeNose C19 di Stasiun Balapan Solo
SOLO-PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Balapan Solo, Senin (15/02). Pihak stasiun pernah melakukan uji coba penggunaan alat itu pada awal bulan kemarin.
ADVERTISEMENT
Manager Humas PT KAI DAOP 6 Yogyakarta, Supriyanto mengatakan penumpang cukup antusias memanfaatkan fasilitas tersebut. "Baru dua jam dibuka sudah ada 125 penumpang yang melakukan pemeriksaan," kata dia.
Ia mengungkapkan, layanan GeNose C19 dikenai tarif dengan seharga Rp 20 ribu untuk sekali pemeriksaan. Hingga Senin siang ini belum ada penumpang yang terdeteksi positif COVID-19 berdasarkan pemeriksaan menggunakan peralatan itu.
"Kalau ada yang reaktif, tiket akan kita refund seluruhnya," tuturnya. Supriyanto calon penumpang dilarang merokok, makan, minum kecuali air putih sebelum melakukan pemeriksaan. Aturan itu diterapkan untuk meningkatkan akurasi pemeriksaan.
Berdasarkan pantauan, beberapa penumpang masih agak kebingungan dalam menggunakan peralatan pemeriksaan, terutama saat tahap meniup kantong plastik. "Prosesnya itu nafas pertama dan kedua dibuang, baru nafas ketiga mengisi sampai penuh. Bila masih kurang, bisa nafas ke empat," kata Supriyanto.
ADVERTISEMENT
Salah satu calon penumpang, Adis mengaku lebih memilih pemeriksaan GeNose C19 daripada rapid test antigen. Sebab, beayanya jauh lebih murah. "Pemeriksaan dengan GeNose juga tidak sakit," kata penumpang yang hendak bepergian ke Tangerang itu.
Sesuai Surat Edaran Satgas Covid-19 No 5 Tahun 2021 dan SE Kemenhub No 11 Tahun 2021, pelanggan KA Jarak Jauh diharuskan menunjukkan surat bebas Covid-19 dari hasil pemeriksaan GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR.
(Tara Wahyu)