News
·
22 Juli 2021 19:20
·
waktu baca 1 menit

Stok Menipis, Kota Solo Dapat Vaksin Tambahan 5.000 Dosis

Konten ini diproduksi oleh Bengawan News
Stok Menipis, Kota Solo Dapat Vaksin Tambahan 5.000 Dosis (146369)
searchPerbesar
Seorang lansia di Kota Solo mendapatkan suntikan Vaksin COVID-19. (dok)
SOLO-Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa mengatakan bahwa kotanya mendapat tambahan 5 ribu vaksin dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Tambahan itu diberikan lantaran stok vaksin di kota itu mulai menipis.
ADVERTISEMENT
"Stok vaksin kami hanya sampai pekan depan," kata Teguh Prakosa saat ditemui, Kamis (22/07/2021). Menurutnya, saat ini Dinas Kesehatan tengah mengambil tambahan vaksin itu ke Semarang.
Teguh mengatakan bahwa tambahan vaksin tersebut sebenarnya juga tidak akan bertahan lama. Vaksin sebanyak 5 ribu dosis menurutnya akan habis dalam waktu kurang dari 2 hari. Sebab, capaian vaksinasi di Kota Solo saat ini mampu mencapai 4 ribu suntikan tiap harinya.
Vaksin tambahan itu menurutnya tidak akan digunakan dalam kegiatan vaksinasi massal. Menurut Teguh, pihaknya akan menggunakannya sebagai stok di puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan.
"Jadi diharapkan puskesmas punya stok sehingga jika ada masyarakat yang go hsow untuk vaksinasi bisa terlayani," kata Teguh.
Selama ini, Kota Solo terus melakukan percepatan vaksinasi. Mereka menggenjot kegiatan vaksinasi hingga mampu memberikan 4 ribu suntikan vaksin per hari. Hanya saja percepatan itu membuat stok vaksin lekas menipis dan hanya mampu mencukupi kebutuhan hingga sepekan ke depan.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan, saat ini capaian vaksinasi di Kota Solo untuk suntikan dosis pertama sudah mencapai 60,95 persen dari target sasaran. Sedangkan capaian suntikan dosis kedua baru dalam kisaran 35 persen.
(Fernando Fitusia)