News
·
20 Januari 2021 18:30

Video Puting Beliung di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Viral di Medsos

Konten ini diproduksi oleh Bengawan News
Video Puting Beliung di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Viral di Medsos (1005)
Tangkapan layar salah satu postingan mengenai video puting beliung di Wonogiri
WONOGIRI-Angin puting beliung terjadi di kawasan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Rabu (20/01). Beberapa warga merekam video kejadian itu dan membagikannya di media sosial.
ADVERTISEMENT
Salah satunya adalah akun Instagram @wonogirikita yang membagikan video berdurasi 12 detik. Baru satu jam diunggah, video itu telah mendapatkan lebih dari 4 ribu tombol suka dan seratusan komentar.
"Angin puting beliung di sekitaran Waduk Gajah Mungkur sore tadi," tulis akun tersebut memberikan keterangan pada videonya.
Di video tersebut terdengar teriakan warga yang ketakutan melihat puting beliung yang memutar di atas permukaan waduk. Apalagi, angin itu nyaris melintasi karamba yang ada di tengah waduk.
Lebih dari seratus warganet memberikan komentar di video viral tersebut. Rata-rata dari mereka memberikan doa agar masyarakat terhindar dari bencana alam. "Lindungilah keluarga hamba di Wonogiri Ya Allah," tulis pemilik akun @ekadeldr13.
"Memang benar, dari laporan teman teman relawan betul ada kejadian itu. Tidak ada yang rusak karena diatas air waduk," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Wonogiri, Bambang Haryanto saat dikonfirmasi.
ADVERTISEMENT
Puting beliung itu menurutnya terbentuk di atas permukaan air dan bergerak menuju ke barat sejauh sekitar 1 kilometer. Setelah berputar selama belasan menit puting beliung itu menghilang sebelum ke permukiman.
"Kita sudah cek kondisi lokasi," kata Bambang. Pihaknya tidak menemukan kerusakan apapun akibat kejadian alam itu. Menurutnya, kemunculan puting beliung memang kerap terjadi di sekitar Waduk Gajah Mungkur.
(Tara Wahyu)