News26 Mei 2019 14:48

Video: Tradisi Berbagi di Malam Selikuran ala Keraton Surakarta

Konten Redaksi Bengawan News
SOLO - Di Solo, Jawa Tengah, ada tradisi khusus untuk menyambut datangnya malam Lailatulkadar, malam penuh keberkahan yang dipercaya umat Islam hadir pada 10 hari terakhir Bulan Ramadan.
ADVERTISEMENT
Tepat setiap malam ke-21 pada bulan Ramadan, atau Malam Selikuran, Keraton Kasunanan Surakarta melakukan tradisi kirab yang sudah ada sejak zaman Sunan Kalijaga menyebarkan agama Islam, dan masih terus dipertahankan hingga sekarang.
Tahun ini, kirab diselenggarakan pada Sabtu malam (25/05/2019), selepas salat Tarawih. Para peserta yang terdiri dari para abdi dalem dan juga kerabat keraton berjalan kaki membawa 1.000 tumpeng dari Keraton Kasunanan Surakarta menuju Masjid Agung Surakarta.
Setelah sampai di Masjid Agung Surakarta, tumpeng tersebut didoakan sebelum akhirnya dibagikan kepada masyarakat. Tumpeng ini juga melambangkan konsep wujud perhatian seorang raja kepada rakyatnya. (Fernando Fitusia)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white