kumparan
12 Feb 2019 16:16 WIB

Wisata Baru Kota Solo Utara dengan Konsep Bendungan Karet Tirtonadi

Seasana Bendungan Karet Tirtonadi di waktu malam hari. (Foto : Novi Bagus DS)
Pemerintah Kota (Pemkot) solo terus mempercantik kota dengan ditambahnyaa ikon baru di Kota Bengawan. Bendungan Karet Tirtonadi menjadi magnet bagian utara Kota Solo dengan segmentasi Gilingan, Manahan, dan juga Nusukan (Gilimanuk). Pengunjung disuguhkan dengan adanya jembatan yang membentang dari utara ke selelatan sebagai pintu air dari bendungan karet tirtonadi. Banyak pendatang yang berkunjung ke bendungan tersebut dengan berbagai macam alasan. Seperti keluarga dari bapak Indra, pergi ke Bendungan Karet Tirtonadi dengan anak beserta istri nya sepulang kerja hanya untuk quality time bersama keluarga sambil berfoto dengan background Jembatan Bendungan tersebut, imbuhnya nuansa sore di Bendungan Karet Tirtonadi juga sangat cocok karena tidak terlalu panas dan ada space buat anak bermain disana.
ADVERTISEMENT
Beberapa anak sedang berfoto di Kawasan Bendungan Karet Tirtonadi (Foto : Novi Bagus DS)
Bendungan Karet Tirtonadi memang di rancang oleh Pemerintak Kota Solo sendiri sebagai tampungan air di kali anyar, juga sebagai wisata edukasi di sekitar gilimanuk, sehingga warga sekitar bisa memanfaatkan Ruang Terbuka Hijau yang ada di daerah Utara Kota Solo terutama di kawasan Gilingan Manahan, dan Nusukan.
Beberapa warga sedang bersantai di Bendungan Karet Tirtonadi (Foto : Novi Bagus DS)
Tidak sedikit mansyarakat Solo maupun luar Solo yang datang untuk menikmati sore hari dengan bersantai dia di kawasan bendungan Karet Tirtonadi, karena dirasa oleh masyarakat untuk kawasan yang masih tergolong baru ini masih terbilang bersih dari sampah. Dan juga masyarakat juga di himbau untuk selalu menjaga tempat tersebut supaya lebih nyaman untuk berkunjung kembali. Apalagi kawasan ini terletak tepat didepan Terminal Kebanggan Kota Solo Terminal Tirtonadi, sehingga pengunjung dari luar Kota Solopun jika singgah di Kota Solo bisa menikmati kawasan ini yang tepat berada di depan Terminal.
ADVERTISEMENT
Tak jarang, beberapa keluarga menghabiskan sore hari di Bendungan Karet Tirtonadi (Foto : Novi Bagus DS)
Bendungan Karet Tirtonadi sendiri biasanya ramai pada sore hari sampai menjelang magrib. Tak jarang banyak kawula muda dan keluarga sering menghabiskan sisa sore hari mereka di tempat ini. Suasana yg nyaman dan tentu saja sebagai tempat wisata baru di Kota Solo. Banyak pedagang menjajakan dagangan nya juga di tempat ini tp dengan sistem berjualan keliling, karena kalau pedagang membawa barang dagangan nya beserta gerobak akan membuat kesan kumuh sehingga tak perlu khawatir untuk pengunjung yang merasa haus atau hanya sekedar pengen nyemil, karena banyak pedagang berlalu lalang di Bendungan Karet Tirtonadi.
Pada malam hari, lampu yang ada di Jembatan Karet Tirtonadipun menyala menambah cantiknya kawasan ini. Walaupun malam hari, penerangan di kawasan inipun cukup memadai, walaupun masih banyak sisi yang gelap di kawasan ini. Di harapkan masyarakat sekitar tetap menjaga kawasan ini menjadi lebih bersih dan tanpa adanya vandalisme. /Novi Bagus DS
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan