• 2

Bagi Messi, Trofi Tim Lebih Penting ketimbang Gelar Individu

Bagi Messi, Trofi Tim Lebih Penting ketimbang Gelar Individu


Lionel Messi

Messi hanya sendirian di lini depan Barcelona. (Foto: REUTERS/Sergio Perez)
Lionel Messi gagal menggondol trofi Ballon d'Or 2017. Pada ajang penghargaan pemain terbaik dunia 2017 yang digagas oleh media Prancis, France Football, Messi harus mengakui keunggulan rivalnya, Cristiano Ronaldo. Megabintang Barcelona itu sendiri harus puas bertengger di posisi kedua.
Dengan hasil itu, Messi sama sekali tak meraih gelar individu prestise di tahun ini. Karena sebelum gagal di ajang Ballon d'Or 2017 ini, Messi lebih dulu kalah dari Ronaldo dalam pemilihan pemain terbaik dunia 2017 versi FIFA. Pada ajang itu, dia juga hanya menduduki posisi dua.
Jika mau ditelisik, pencapaian Messi sepanjang 2017 sebenarnya tak buruk. Soal pencapaian di level klub, Messi memang tak segemilang Ronaldo yang pada tahun ini berhasil menggondol trofi La Liga dan Liga Champions bersama Real Madrid. Tapi dari raihan individu, Messi tak kalah dari bintang Portugal itu.
Sebab pada tahun ini, Messi berhasil menjadi top-skorer La Liga 2016/17 lewat 37 golnya. Raihan itu melebihi torehan Ronaldo yang mencetak 25 gol di ajang yang sama. Belum lagi, Messi juga mampu mencatat 16 assist dan unggul dari Ronaldo yang cuma membukukan 11 assist. Plus Messi juga memberi trofi Copa del Rey dan Piala Super Spanyol untuk Barcelona.

Persaingan Ronaldo dan Messi masih berlanjut

Persaingan Ronaldo dan Messi masih berlanjut. (Foto: Reuters/Eddie Keogh)
Tapi, ya, voting untuk kedua penghargaan itu sudah dilakukan dan Messi harus legowo karena dia tidak memenangkannya. Pria 30 tahun itu sendiri juga tak memusingkan gelar individu karena dia mengaku ingin lebih fokus membawa dua tim yang dibelanya, Barcelona dan Tim Nasional (Timnas) Argentina, berprestasi.
"Prioritas saya adalah gelar juara bersama tim. Apa yang telah saya menangkan di level individu sungguh hebat, terutama pada tahun-tahun awal. Tapi sekarang saya lebih memikirkan kemenangan kolektif karena saya ingin memenangkan lebih banyak gelar Liga Champions dan gelar juara bersama Argentina," kata Messi di situs resmi Barcelona.
Beruntung, sejauh musim 2017/18 ini berjalan, Messi berada di jalur yang benar untuk mewujudkan ambisinya itu. Sebab saat ini, Barcelona berhasil dibawanya memuncaki klasemen La Liga dan lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Belum lagi, di dua ajang itu El Barca juga tak terkalahkan.
Tapi satu hal yang tengah diperhatikan oleh Messi adalah kondisi fisiknya. Baginya, di usia yang sudah menyentuh kepala tiga, dia memang membutuhkan waktu istirahat lebih untuk terus berada dalam kondisi terbaik. Apalagi Barcelona menghadapi jadwal padat dan ada Piala Dunia pada musim panas tahun depan.
"Musim ini sulit dan saya harus menerima bermain lebih sedikit. Saya mengerti keputusan itu karena di musim ini ada banyak pertandingan. Tahun-tahun telah memakan korban dan itu akan terjadi pada Anda jika bermain di setiap pertandingan. Saya mengerti itu (istirahat) untuk yang terbaik," pungkasnya.


Sepak BolaLionel MessiBallon d'OrBarcelona FCSports

500

Baca Lainnya