• 2

Salip Petrucci di Lap Terakhir, Marquez Juara GP San Marino

Salip Petrucci di Lap Terakhir, Marquez Juara GP San Marino


Marc Marquez

Marquez juara GP San Marino. (Foto: Moto GP)
Sirkuit Misano basah. Hujan baru saja usai mengguyur sirkuit tersebut ketika balapan MotoGP San Marino dihelat tepat pada pukul tujuh malam WIB di hari Minggu (10/9) ini. Kendati dihelat di sirkuit basah basah, sejak awal balapan langsung berjalan dengan seru.

Maverick Vinales, yang start dari urutan terdepan, melakukan start yang buruk dan langsung disalip oleh pebalap-pebalap di belakagnya. Jorge Lorenzo yang memulai dari urutan kelima, kemudian berhasil mencuri posisi pertama. Pebalap Ducati itu dibuntuti oleh Marc Marquez dan rekan setimnya, Andrea Dovizioso.
Tapi setelah itu, petaka-petaka di sirkuit basah mulai datang. Cal Crutchlow, yang tengah mencoba mengincar posisi kelima, terpeleset. Tak lama, giliran Lorenzo yang mengalami crash. Dia terpeleset dan terpental dari motornya di tikungan keenam. Pria Spanyol gagal melanjutkan balapan.
Namun bukan Marquez yang mengambil alih posisi terdepan, melainkan pebalap Octo Pramac, Danilo Petrucci. Tapi, Marquez dan Dovizioso tetap berada di urutan kedua dan ketiga. Sementara petaka terus menimpa pebalap-pebalap lain, Loris Baz, Aleix Espargaro, Andrea Iannone dan Hector Barbera yang kali ini jadi korbannya.
Hingga balapan menyisakan 10 putaran lagi, situasi di urutan tiga terdepan masih tak berubah. Petrucci masih memimpin dan diikuti oleh Marquez dan Dovizioso. Perubahan hanya diraih Vinales di mana dia berhasil naik ke posisi keempat untuk menyusul Jack Miller. Balapan di sirkuit basah memang membuat para pebalap lebih berhati-hati.
Tapi perlahan-lahan, Marquez terus menempel Petrucci. Set-up motornya yang memang disiapkan untuk balapan basah, menguntungkan pebalap Repsol Honda itu. Belum lagi di sesi pemanasan, Marquez juga sudah mencoba motor tersebut. Tapi beruntung, Petrucci berhasil mempertahankan posisinya.
Ketegangan antarkedua pebalap terdepan itu terus berlangsung hingga penghujung balapan. Jarak keduanya hanya menyentuh 0,2 detik saja ketika balapan tinggal menyisakan dua putaran lagi. Petrucci mempertahankan posisi dan menutup celah dengan begitu baik, sementara Marquez begitu agresif ingin menyusulnya.
Sampai pada akhirnya, di sebuah tikungan di lap terakhir, Marquez berhasil menyalip Petrucci dan memimpin balapan untuk pertama kali malam ini. Marquez berhasil mempertahankan keunggulan atas Petrucci ini hingga balapan benar-benar berakhir. Kejeliannya di penghujung balapan berbuah kemenangan.
Ya, lewat perjuangan gigih, GP San Marino berhasil menjadi milik Marc Marquez. Ini menjadi kemenangan keempatnya di MotoGP musim 2017 ini. Sementara posisi kedua menjadi milik Petrucci dan posisi ketiga jadi milik Dovizioso.


Moto GPSportsMarc MarquezAndrea Dovizioso

500

Baca Lainnya