• 2

Vinales Tercepat, Yamaha Kuasai Tes Pramusim MotoGP 2018 di Valencia

Vinales Tercepat, Yamaha Kuasai Tes Pramusim MotoGP 2018 di Valencia


Maverick Vinales

Aksi pebalap Yamaha, Maverick Vinales. (Foto: MOHD RASFAN / AFP)
Euforia akan pengujung musim MotoGP 2017 yang begitu menegangkan itu memang belum surut. Balapan terakhir musim 2017, Grand Prix (GP) Valencia, juga baru berakhir dua hari lalu. Tapi kita memang sudah menatap ke depan, move on, karena nyatanya rangkaian MotoGP musim 2018 sudah dimulai.
Selasa (14/11) waktu Spanyol, tes pramusim resmi pertama MotoGP 2018 sudah resmi dimulai. Tes tersebut masih berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Total, ada 20 pebalap yang turun ke trek pada tes hari pertama, termasuk tiga rookie: Xavier Simeon, Franco Morbidelli, dan Takaaki Nakagami.
Selain jadi ajang debut para rookie di kelas premier, tes pramusim ini juga memberika kesempatan bagi pebalap yang baru pindah tim untuk menjajal motor anyar di tim baru mereka. Tercatat di musim 2018 ini, ada tiga pebalap yang ganti seragam. Mereka adalah Jack Miller, Scott Redding, dan Tito Rabat.
Selain itu, tes pramusim ini juga menjadi ajang bagi para tim untuk menjajal desain sampai sasis motor baru mereka. Yamaha misalnya, pada tes pramusim ini menjajal sasis baru untuk motor yang akan digunakan para pebalap mereka di musim 2018 mendatang. Dan kebetulan, hasilnya pun moncer.
Pebalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales, berhasil keluar sebagai pebalap tercepat pada sesi hari pertama ini. Catatan waktu Vinales bersama tunggangan barunya menyentuh angka 1 menit 30,189 detik dan itu tidak bisa disamai atau disusul pebalap manapun.
Bukti dominasi Yamaha kemudian hadir di urutan kedua. Pebalap satelit dari tim Yamaha Tech 3, Johann Zarco, menjadi pebalap tercepat kedua setelah mencatatkan waktu lebih lambat 0,200 detik dari Vinales. Tapi berbeda dengan Vinales, Zarco justru mencatat waktu tercepat dengan motor M1 yang dia gunakan pada musim 2017 lalu.
Di posisi tercepat ketiga ada juara dunia 2017, Marc Marquez. Keluar lintasan paling terakhir, pebalap Repsol Honda ini mampu menyelesaikan 70 putaran di Valencia dan mencatatkan waktu 1 menit 30,501 detik. Marquez pada sesi ini juga menjajal motor dengan sasis dan mesin anyar yang akan digunakannya pada musim 2018.
Valentino Rossi kemudian hadir menjadi pebalap tercepat keempat, sekaligus menutup dominasi Yamaha pada hari pertama ini. Kendati sempat mengalami crash yang cukup parah pada sesi hari ini, Rossi berhasil mencatatkan waktu 1 menit 30,519 detik. Dia juga sempat merasakan turun lintasan dengan sasis motor baru.
Sementara para rookie sendiri mencatat hasil yang kurang memuaskan pada sesi hari pertama ini. Nakagami hanya menjadi pebalap tercepat ke-17, Morbidelli ke-18, dan Simeon jadi pebalap paling lambat alias ke-20. Tes pramusim di Valencia sendiri bakal kembali berlangsung pada Rabu (15/11) waktu setempat.


SportsMotoGPMaverick VinalesMarc MarquezValentino Rossi

500

Baca Lainnya