kumparan
8 November 2019 19:59

'Calon Sarjana' Comot Konten, Ernest: Bikin Malu Satu Negara

ernest1.jpg
Ernest Prakarsa. (Foto: Instagram @ernestprakasa)
Pencomotan konten YouTube oleh Calon Sarjana menjadi sorotan publik, tidak terkecuali komedian sekaligus aktor Ernest Prakarsa. Akun dengan 12,4 juta subscribers ini ketahuan telah mencuri ide dari akun bernama JT. JT sendiri adalah akun YouTube luar negeri yang mempunyai subscriber sekitar 453 ribu.
ADVERTISEMENT
Kecewa mengetahui idenya telah dicuri oleh 'Calon Sarjana', ia pun protes dan meng-expose 'aib' di balik konten-konten mereka. Ia menyebutkan bahwa konten yang merupakan hasil risetnya sendiri dicuri dan malah diberi label 'Calon Sarjana'. Itu seakan-akan mereka yang punya ide.
Meski sudah meminta maaf pada JT dan pelanggannya, serta menarik video tersebut dari akun YouTube-nya, tampaknya JT belum puas. 'Calon Sarjana' pun masih menjadi buah bibir dan dikecam warganet.
ernas.jpg
Ernest Prakasa. Foto: Giovanni/kumparan
Lebih-lebih setelah sebelumnya mengetahui akun YouTube ini masuk salah satu nominasi Konten Kreator Digital Terfavorit dalam Ajang Panasonic Global Award. Banyak dari warganet yang meminta 'Calon Sarjana' didiskualifikasi dari nominasi tersebut.
Terkait hal ini, Ernest Prakasa pun turut merespons kejadian ini. Sebagai salah satu seniman sekaligus kreator, ia mengaku sangat sensitif dengan isu pencurian ide. Apalagi, jika hal ini sudah dilakukan oleh sebuah korporasi yang lebih mementingkan keuntungan.
ADVERTISEMENT
Mengetahui 'Calon Sarjana' merupakan salah satu bagian dari Infia, Ernest Prakarsa semakin geram. Lantaran dulu salah satu naungan Infia, Dagelan, juga pernah terjadi kasus pencomotan ide.
(wnd)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan