kumparan
KONTEN PENGGUNA
13 Desember 2019 16:55

Lega UN Dihapus, Sophia Latjuba Tuai Pro dan Kontra

53037430_268041674119334_2583688239836348155_n(1).jpg
Sophia Latjuba. (Foto: Instagram @sophia_latjuba88)
Kebijakan baru Nadiem Makarim soal penghapusan sistem Ujian Nasional (UN) mulai tahun 2021 mendatang mendapat perhatian publik. Penghapusan itu rencananya akan diganti dengan asesmen kompetensi dan survei karakter.
ADVERTISEMENT
Sophia Latjuba yang menaruh perhatian dengan dunia pendidikan Tanah Air pun turut menyorotinya. Sebelumnya, perempuan yang kini usianya 49 tahun itu sempat mengkritik Ujian Nasional pada tahun 2016 lalu.
Menurut Sophia Latjuba, kebijakan pelaksanaan Ujian Nasional saat itu dinilai kurang adil. Hal itu lantaran menurutnya setiap anak di Indonesia mempunyai latar belakang geografis dan ekonomi yang berbeda.
hzo23uexqcyur5khfxhu.jpg
Presiden Joko Widodo (kanan) menyerahkan DIPA dan Daftar Alokasi Transfer Daerah kepada Mendikbud Dikti Nadiem Makarim di Istana Negara, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Oleh karena itu, kebijakan Nadiem Makarim menghapus Ujian Nasional mulai 2021 disambut baik oleh Sophia Latjuba. Perempuan yang membintangi film 'Mata Batin 2' itu mengaku sangat lega.
Hal itu terlihat dari unggahan Instagram Sophia Latjuba. Ia mengunggah sebuah foto Nadiem Makarim yang dimuat disebuah surat kabar yang diilustrasikan tengah mematahkan pensil 2B sebagai gambaran Ujian Nasional ditiadakan.
ADVERTISEMENT
Foto tersebut dibubuhi caption "Akhirnya.." sembari menyebut akun Instagram @nadiem_makarim.
dxiptabxb8tvlh5k20mg.jpg
Pemain film, Sophia Latjuba (Foto: Munady/kumparan)
Ibunda dari Eva Celia itu tidak membeberkan secara jelas alasannya mengunggah caption seperti itu. Warganet pun memberikan respons yang beragam. Ada yang turut senang dan setuju, namun ada juga yang mempertanyakan alasan Sophia Latjuba setuju dengan kebijakan Kemendikbud tersebut.
"Good news!" tulis akun @novitaravira
"Bagaimana ini akan mempengaruhi sistem penilaian siswa, @sophia_latjuba88?" tanya @dan7_kd.
"@sophia_latjuba88 mohon izin bertanya. Apa alasannya Mbak setuju UN dihapus?" timpal @makmun__murod.
(wnd)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan