kumparan
13 Nov 2018 11:19 WIB

Tak disangka, 7 Artis K-Pop Ini Dulunya Pernah Kerja Paruh Waktu

Suga 'BTS', Kim Go Eun, Ong Seung Woo. (Foto: Instagram)
ADVERTISEMENT
Menjadi bintang K-Pop terkenal bukanlah suatu perkara yang mudah. Beberapa artis negeri gingseng ini harus melewati jalan yang panjang serta rintangan yang tak terduga. Bahkan, mereka pernah merasakan kerja paruh waktu alias part-time demi memenuhi kebutuhannya.
Meniti kariernya dari nol dan rela kerja part-time, tak disangka nama mereka kini bersinar dan telah menjadi idola banyak orang. Nah, siapa saja sih bintang K-Pop yang punya pengalaman kerja part-time? Yuk, langsung saja simak kisahnya berikut ini.
1. Soyou eks ‘SISTAR’
(Foto: Instagram/@soooo_you)
Bukan berasal dari keluarga kaya raya, Soyou sudah merasakan kerja part-time sejak usianya masih 16 tahun. Oleh karena tuntutan ekonomi, Soyou terpaksa bekerja sebagai penata rambut di salon setelah memiliki sertifikat resmi.
ADVERTISEMENT
2. Suga ‘BTS’
(Foto: Instagram/@bts.bighitofficial)
Sebelum debut dan dikenal seluruh dunia, salah satu personel BTS, yakni Suga punya pengalaman yang kurang mengenakkan. Suga pernah kecelakaan motor yang membuatnya cedera pada bagian bahu. Kecelakaan itu terjadi saat ia melakukan kerja part-time sebagai kurir barang.
3. Im Siwan ‘ZE:A’
(Foto: Instagram/@imsiwan_zea)
Salah satu personil ZE:A sekaligus aktor yang punya paras imut ini rupanya juga punya pengalaman kerja part-time, lho. Sejak sekolah, Siwan dikenal sebagai murid yang cerdas. Siwan pun melanjutkan kuliahnya di Busan University dan mengambil jurusan Teknik Mesin.
Berkat kecerdasan yang ia miliki, ia menjadi guru les privat dan mengajar pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, dan juga fisika. Hmm, kalau gurunya seperti Siwan sih bisa bikin kamu salah fokus nih.
ADVERTISEMENT
4. Ryu Jun Yeol
(Foto: Instagram/@ryusdb)
Nama Ryu Jun Yeol semakin dikenal setelah berperan dalam drama ‘Reply 1988’. Sebelum namanya bersinar, Jun Yeol pun pernah punya beberapa kerja part-time. Ia pernah menjadi seorang pelayan di semua jenis restoran, merasakan memanggang daging di restoran barbeque, membagikan brosur, menata bangku untuk sebuah acara, bahkan ia juga pernah menjual merchandise di konser SHINEE, lho. Keren!
5. Kim Go Eun
(Foto: Instagram/@ggonekim)
Jauh sebelum Kim Go Eun mendapat peran sebagai Ji Eun Tak di drama ‘Goblin’, Go Eun harus merasakan sulitnya hidup. Semasa sekolahnya, ia harus menabung dengan bekerja di restoran mie Jepang selama 10 jam per harinya. Tak hanya itu, ia juga kerja part-time sebagai model di toko online dan menjadi pegawai administrasi di lembaga pemerintahan.
ADVERTISEMENT
6. Kang Ha Neul
(Foto: Instagram/@galpos3)
Punya impian menjadi seorang aktor, Kang Ha Neul pun masuk sekolah seni swasta. Tak ingin membebani orang tuanya, Ha Neul pun memutuskan untuk kerja part-time untuk bayar sekolah.
Bekerja di convenience store, pom bensin, peternakan bebek, bahkan membagikan brosur di jalanan pernah Kang Ha Neul lakukan, lho. Menurutnya, hal itu menjadi pengalaman yang sangat berharga.
7. Ong Seung Woo
(Foto: Instagram/@wannaone.official)
Selama 10 tahun menjadi trainee dan tak dapat kejelasan dari agensinya, Seung Woo akhirnya bertekad melakukan banyak pekerjaan paruh waktu. Seung Woo bekerja sebagai model di toko online, model perusahaan pernikahan, model di salon, dan juga kacamata.
Berkat kemampuan dance-nya, Seung Woo berhasil debut bersama 'Wanna One' lewat ajang Produce 101.
ADVERTISEMENT
Dari kisah para bintang K-Pop di atas, memang benar ya kalau usaha itu tak akan pernah mengkhianati hasil. Yang penting, jangan gampang menyerah ya. (liz)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan