Bisnis
·
10 Juli 2021 6:39
·
waktu baca 2 menit

Cara Beli Bitcoin Super Gampang!

Konten ini diproduksi oleh Berita Bisnis
Cara Beli Bitcoin Super Gampang! (614325)
searchPerbesar
Ilustrasi Bitcoin. Foto: Pexels
Penasaran bagaimana cara beli Bitcoin super gampang? Sebetulnya, terdapat 2 cara untuk memiliki uang digital ini, yakni dengan mining (menambang) Bitcoin dan beli langsung di situs yang melayani penjualan uang kripto.
ADVERTISEMENT
Bitcoin sendiri merupakan salah satu mata uang virtual atau disebut cryptocurrency yang telah diluncurkan sejak 2009. Adapun sosok di balik mata uang ini bernama Satoshi Nakamoto.
Sebagai mata uang virtual, tentunya Bitcoin tidak berbentuk fisik. Oleh karena itu, penggunaan uang ini hanya dilakukan secara online melalui perangkat digital untuk melakukan sejumlah transaksi, seperti alat pembayaran, mengirim, dan menerima uang ke berbagai negara tanpa terikat dengan lembaga bank.
Berikut penulis rangkum 2 cara mendapatkan Bitcoin dengan mudah dan praktis.

Cara Beli Bitcoin

Cara Beli Bitcoin Super Gampang! (614326)
searchPerbesar
Ilustrasi Membeli Bitcoin. Foto: Pexels
Untuk memperoleh mata uang virtual itu, masyarakat harus mengakses platform trading aset kripto terlebih dahulu. Untuk di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa perusahaan perdagangan yang terdaftar, seperti PT Crypto Indonesia Berkat dan PT Indodax Nasional Indonesia.
ADVERTISEMENT
Berikut ini langkah-langkah untuk memulai pembelian Bitcoin secara umum di berbagai situs trading.
1. Buat akun di platform trading Bitcoin
2. Pilih metode pembayaran yang tertera di platform tersebut
3. Siapkan identitas diri untuk konfirmasi
4. Beli Bitcoin
5. Lakukan pembayaran
6. Transfer Bitcoin ke dompet digital
7. Pantau fluktuasi harga Bitcoin

Cara Menambang Bitcoin

Menambang Bitcoin atau mining Bitcoin diibaratkan seperti menambang emas. Penambangan dapat dilakukan dengan perangkat komputer dan software pada server mining Bitcoin.
Untuk mining Bitcoin, para penambang memerlukan komputer yang sangat kuat, listrik yang besar, hingga internet super cepat. Nantinya, komputer akan menjalankan perangkat lunak (software) yang menghubungkan para penambang (miner) dengan blockchain Bitcoin serta menyelesaikan permasalahan matematika.
ADVERTISEMENT
Bagi kalian yang pemula dan ingin belajar menambang Bitcoin, berikut kumparan rangkum 4 cara mudah menambang Bitcoin.
1. Pool Mining
Cara pertama yang dapat kamu coba ialah menambang di pool mining. Kamu hanya perlu bergabung kekuatan dengan penambang lain dalam suatu kolam (pool) untuk menambang Bitcoin.
Nantinya, imbalan yang diperoleh dari mining Bitcoin akan dibagi rata sesuai dengan jumlah miner dalam kolam.
2. Cloud Mining
Dikutip dari laman Crypto Currency Indonesia, cloud mining merupakan metode penambangan bitcoin yang tidak memerlukan komputer canggih. Kamu dapat menggunakan layanan penyedia cloud mining misalnya genesis mining, hashflare, hashing24, dan lain sebagainya.
3. Solo Mining
Solo mining merupakan jalan alternatif bagi kamu yang tidak ingin berbagi imbalan. Namun, kamu harus menyediakan peralatan yang canggih seperti PC, motherboard, kartu grafis, hard drive, RAM, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Kamu juga harus menyediakan daya listrik yang besar dan menyelesaikan algoritma matematika yang rumit untuk menghasilkan Bitcoin.
4. Platform Trading Bitcoin
Cara menambang Bitcoin lainnya adalah menggunakan platform trading Bitcoin. Opsi ini bisa jadi alternatif karena kamu hanya perlu mengunduh aplikasi pada smartphone milikmu.
Berikut beberapa aplikasi untuk menambang Bitcoin:
  1. MinerGate
  2. Eobot
  3. Crypto Miner
  4. Cryptotab
  5. Bitzfree
  6. AA Miner
  7. NeonNeon Miner
  8. Droid Miner
(AAG)