Cara Daftar Antrean Online Pajak agar Lebih Efisien

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
21 September 2022 18:09
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi antrean online pajak. Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi/aww
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi antrean online pajak. Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi/aww
ADVERTISEMENT
Cara daftar antrean online pajak dapat diakses dengan mudah melalui laman www.kunjung.pajak.go.id. Kebijakan mendaftarkan pelayanan pajak secara daring ini sudah berlaku sejak 1 September 2020.
ADVERTISEMENT
Melalui situs daring tersebut wajib pajak bisa mendapatkan layanan konsultasi pajak, konsultasi aplikasi, janji temu, dan lainnya. Lalu, wajib pajak cukup mengisi data yang diperlukan mulai dari identitas diri, tanggal, dan waktu kunjungan.

Cara Daftar Antrean Online Pajak

Ilustrasi antrean online pajak. Foto: Daniel/Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi antrean online pajak. Foto: Daniel/Unsplash
Ketentuan mengenai antrean pelayanan pajak secara online ini masih terbilang baru. Untuk itu, bagi wajib pajak yang belum terlalu paham dengan cara daftar antrean online pajak, kamu dapat mengikuti cara di bawah yang disadur dari laman www.pajak.go.id.
  1. Buka peramban melalui HP, laptop, atau komputer.
  2. Masuk ke laman pajak pada alamat https://kunjung.pajak.go.id/
  3. Tekan menu ‘Daftar‘ yang tertera di bawah halaman.
  4. Masukkan beberapa informasi ke kolom identitas, mulai dari nomor NIK/Paspor pengunjung, nama pengunjung, status pengunjung (Diri sendiri/wakil wajib pajak, kuasa dari wajib pajak, atau pihak lainnya), NPWP, email, dan nomor HP.
  5. Isi data pada kolom penilaian kesehatan, lalu pilih sesuai keadaan yang dialami.
  6. Pilih lokasi kantor pajak tujuan, jenis layanan pajak yang dituju, nama kantor, tanggal kunjungan, dan waktu kunjungan.
  7. Setelah mengisi semua kolom, tunggu beberapa saat dan sistem akan mengirimkan nomor tiket antrean ke alamat email kamu.
  8. Jika sudah menerima email tersebut, simpan nomor tiket antrean atau screenshot dan tunjukkan ke petugas pelayanan pajak.
ADVERTISEMENT

Cara Melihat Tiket Antrean Online Pajak

Jika lupa screenshot nomor tiket antrean dan email tersebut sudah terhapus, kamu masih bisa menemukan tiket yang sudah didaftarkan dengan cara di bawah ini.
  1. Buka peramban, lalu akses https://kunjung.pajak.go.id/
  2. Tekan menu ‘Cari Tiket‘ yang ada di bagian bawah.
  3. Masukkan NIK atau nomor paspor untuk mengetahui nomor tiket antrean online pajak.
  4. Selesai, jangan lupa screenshot antrean tersebut.
Sebagai informasi, bila memilih layanan ‘Janji Temu’, kamu harus menghubungi pihak yang dituju terlebih dulu sebelum menentukan jadwal kunjungan.
Setelah menghubungi pihak yang dituju, daftar antrean online pajak seperti di atas. Jangan lupa masukkan tanggal dan waktu kunjungan sesuai perjanjian pihak yang dituju.

Kelebihan Daftar Antrean Pajak Online

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) memberlakukan kebijakan antrean layanan pajak secara online bukan tanpa alasan. Ada banyak manfaat dan kelebihan dari antrean online ini. Apa saja manfaatnya? Berikut di antaranya.
ADVERTISEMENT
  1. Wajib pajak tidak perlu mengantre berjam-jam karena sudah mempunyai nomor antrean masing-masing. Wajib pajak tinggal datang sesuai jadwalnya.
  2. Kebijakan antrean pajak online mendukung upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Covid-19.
  3. Memudahkan wajib pajak untuk konsultasi mengenai aplikasi yang terkadang bermasalah, misalnya, e-Bupot, e-SPT, dan lainnya
  4. Wajib pajak bisa mengetahui informasi tentang pelayanan umum pajak atau hal lain mengenai perpajakan secara langsung.
  5. Lebih praktis dan efisien karena wajib pajak dan petugas pajak bisa sama-sama mengatur janji temu sesuai kesepakatannya.
Itulah infromasi mengenai cara daftar antrean online pajak. Berdasarkan informasi dari laman DJP, jangka waktu booking antrean untuk semua layanan adalah 3 hari kerja. Semoga informasi di atas membantu.
(ZHR)
Apakah ke KPP harus antre online?
chevron-down
Berapa lama jangka waktu booking kunjung pajak secara online?
chevron-down
Kapan daftar kunjung pajak online aktif?
chevron-down