Bisnis
·
19 Juli 2021 21:02
·
waktu baca 2 menit

Cara Memulai Bisnis dari Nol, Begini Penjelasan Lengkapnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Bisnis
Cara Memulai Bisnis dari Nol, Begini Penjelasan Lengkapnya (1072187)
searchPerbesar
Ilustrasi pebisnis. Foto: Pexels
Cara memulai bisnis dari nol perlu diketahui dan dipahami bagi kamu yang berniat menjadi seorang wirausahawan sukses.
ADVERTISEMENT
Terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan ketika kamu ingin membangun suatu bisnis dari nol, misalnya ketika menentukan bidang usaha apa yang ingin kamu jalani, memperluas relasi, sampai membangun brand untuk produk kamu nantinya.
Menyadur dari Jurnal Orbith Volume 14 Nomor 3 yang ditulis Suwinardi, berikut adalah tips cara memulai bisnis dari nol untuk membangun usaha yang sukses.

Cara Memulai Bisnis dari Nol

1. Pilih Bidang Usaha yang Kamu Minati
Tips cara memulai bisnis dari nol yang pertama, kamu perlu memikirkan dan memilih bidang usaha yang kamu minati dan pahami agar nantinya kamu akan lebih mudah dalam mengembangkan ide-ide untuk bisnis yang akan kamu jalankan.
Kamu bisa mulai dengan mencari tahu hal-hal seputar bidang usaha yang kamu minati tersebut, kemudian dilanjutkan dengan menciptakan inovasi terbaru.
ADVERTISEMENT
2. Perluas dan Perbanyak Jaringan Bisnis dan Pertemanan
Menjadi pebisnis yang besar tidak terlepas dari kegiatan kerja sama dengan pihak lain atau pengusaha lain. Maka dari itulah, sebaiknya kamu sudah mulai memperluas jaringan bisnis yang luas.
Dalam memilih mitra kerja sama, tentu sebaiknya kamu memilih mitra yang memiliki kelebihan atas kekurangan yang dimiliki diri dan memberi manfaat baik bagi diri sendiri maupun mitra kerja sama.
Cara Memulai Bisnis dari Nol, Begini Penjelasan Lengkapnya (1072188)
searchPerbesar
Ilustrasi kerja sama bisnis. Foto: Pexels
3. Pilihlah Keunikan dan Nilai Unggul dalam Produk/Jasa Kamu
Persaingan pasar tidak akan terelakkan dalam dunia bisnis. Jadi, kamu harus mengetahui dan menentukan posisi kamu dalam persaingan usaha.
Misalnya jika kamu memberi nilai yang terlalu tinggi untuk jasa/produk kamu sementara hal yang kamu tawarkan tersebut tidak punya keunggulan yang sangat spesifik dan memiliki nilai tambah, maka orang akan lebih memilih jasa atau produk sejenis milik kompetitor yang memiliki harga dan kualitas yang jauh lebih baik.
ADVERTISEMENT
4. Jaga Kredibilitas dan Brand Image
Menjaga kredibilitas dan brand image merupakan suatu yang penting dalam memulai usaha. Seringkali ketika seseorang memulai berusaha, mereka melupakan faktor nama baik, kredibilitas, dan pandangan orang terhadap produk/jasa mereka.
Terdapat lima kualitas layanan yang perlu diperhatikan oleh suatu usaha agar pelayanan yang diberikan berkualitas, yaitu:
1) Reliability (Keandalan), yaitu kemampuan untuk memberikan layanan sesuai dengan yang dijanjikan dengan tepercaya , akurat, dan konsisten.
2) Responsiveness (Daya Tanggap), yaitu kemauan untuk membantu pelanggan dan memberikan layanan dengan cepat serta mendengar dan mengatasi keluhan/komplain yang diajukan konsumen.
3) Assurance (Kepastian), yaitu berupa kemampuan untuk menimbulkan keyakinan dan kepercayaan terhadap janji yang telah dikemukakan kepada konsumen.
4) Emphaty (Empati), yaitu kesediaan untuk lebih peduli memberikan perhatian, kesopanan, hubungan personal secara pribadi kepada pelanggan.
ADVERTISEMENT
5) Tangible (Berwujud), yaitu berupa penampilan fasilitas fisik, peralatan, dan berbagai media komunikasi.
e. Berhemat dalam Operasional secara Terencana serta Sisihkan Uang untuk Modal
Hal terakhir mengenai cara memulai bisnis dari nol, kamu perlu memahami dan melakukan pemeliharaan kas agar usaha kamu dapat berhasil dengan baik. Hal ini merupakan faktor yang paling utama dalam keuangan bisnis.
Aturlah pengeluaran dan pendapatan bisnis secara cermat. Kekeliruan dalam memelihara aliran kas akan menghambat operasional perusahan dan mengakibatkan perusahaan tidak berjalan dengan lancar.
(AMP)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white