Cara Mencuci Emas dan Tips Berinvestasi untuk Pemula

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
29 Desember 2021 7:06
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Mencuci Emas dan Tips Berinvestasi untuk Pemula (23289)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Perhiasan Emas. Foto: dok. The Palace Jeweler
ADVERTISEMENT
Kamu punya perhiasan emas yang sudah kusam dan tidak berkilau lagi? Jangan risau, kamu bisa mengembalikan kilau pada perhiasan dengan mengetahui cara mencuci emas tersebut.
ADVERTISEMENT
Sebetulnya, apa sih yang menyebabkan perhiasan emas menjadi kusam dan kotor? Mengutip laman Good Housekeeping Cleaning Lab, perhiasan emas bisa kusam karena sering digunakan dan sering terkena lotion, parfum, sabun, hingga debu, dan kotoran.

Cara Mencuci Emas dengan Detergen dan Soda

Siapa yang menyangka jika campuran antara detergen dan soda kue dapat membersihkan emas lho! Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan detergen dan soda dalam wadah. Setelah kedua bahan tersebut tercampur, masukkan perhiasan emas ke dalam wadah tersebut.
Tunggu sekitar 10-20 menit, setelah itu angkat dan gunakan sikat berbulu lembut untuk membersihkannya perlahan hingga tidak ada kotoran yang menempel. Langkah terakhir, bilas perhiasan emas tersebut dengan air dan keringkan dengan kain.
ADVERTISEMENT

Cara Mencuci Emas dengan Sabun Cuci Piring

Tak hanya dengan campuran detergen dan soda kue, kamu juga bisa mencuci emas menggunakan sabun cuci piring. Kamu hanya perlu melarutkan sedikit cairan sabun cuci piring ke dalam wadah yang sudah terisi air. Setelah itu, rendam perhiasan emas selama 5 menit.
Lalu, gunakan sikat lembut untuk membersihkan kotoran secara perlahan. Terakhir, bilas perhiasan emas dengan air dan keringkan dengan kain lembut.
Cara Mencuci Emas dan Tips Berinvestasi untuk Pemula (23290)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Perhiasan Emas. Foto: dok. The Palace Jeweler

Cara Investasi Emas untuk Pemula

Melansir dari laman Cimb Niaga, berikut 5 tips melakukan investasi emas yang aman bagi para pemula.
1. Pastikan tujuan investasi emas
Cara investasi emas yang aman ialah mengetahui dengan baik tujuannya dalam berinvestasi. Banyak tujuan yang bisa dijadikan target dalam berinvestasi emas, apakah untuk tabungan pernikahan, pendidikan, atau investasi hari tua.
ADVERTISEMENT
Sebagai contoh, kamu sudah menargetkan dalam kurun 10 tahun ke depan akan berhenti bekerja dan memulai usaha sendiri. Kemudian penghasilan dari gaji kamu sebagian disisihkan dan diinvestasikan di emas. Jika sudah memiliki tujuan yang jelas seperti ini maka akan lebih tahu berapa besaran emas yang diinvestasikan setiap bulannya. Itulah cara investasi emas yang aman pertama bagi pemula.
2. Pantau perkembangan harga emas secara berkala
Saat ini, tidak sulit untuk memantau perkembangan harga emas secara berkala. Banyak situs-situs di internet yang menampilkan perkembangan harga emas setiap harinya. Kemudian ada juga aplikasi pada ponsel yang dapat menampilkan perkembangan harga emas.
Emas meski dikenal sebagai alat investasi yang paling stabil terkadang juga mengalami penurunan harga. Meski jarang, tidak ada salahnya untuk membelinya. Kemudian saat secara tiba-tiba harga emas melonjak tinggi, kamu juga mempunyai pilihan untuk kemudian menjualnya. Namun perlu dipahami bahwa investasi emas sebaiknya dilakukan untuk jenis investasi jangka panjang yakni dalam kurun waktu 5-10 tahun.
ADVERTISEMENT
3. Beli emas di tempat yang terpercaya
Ada beberapa tempat yang menjual emas batangan untuk berinvestasi. Namun sebaiknya membeli emas di tempat-tempat yang menjual secara resmi dan terpercaya dengan menyertakan surat-surat dan sertifikatnya.
4. Tempat penyimpanan emas yang aman
Salah satu tips atau cara investasi emas adalah kamu juga harus mengerti tempat penyimpanan emas yang aman. Yang paling mudah ialah menyimpannya di rumah sendiri di dalam brankas atau safety box. Jika merasa kurang aman, kamu juga bisa menyimpannya di Safe Deposit Box (SDB) yang ditawarkan pihak bank. Tentunya jika memilih untuk menggunakan SDB, ada biaya tambahan yang diperlukan. Untuk SDB sendiri selain emas bisa juga dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang maupun surat-surat berharga lainnya seperti sertifikat rumah atau tanah.
ADVERTISEMENT
5. Fokus masa depan
Kamu harus memahami bahwa investasi merupakan tabungan untuk masa depan baik itu yang sifatnya jangka pendek atau jangka panjang yakni bisa 10 sampai 15 tahun mendatang. Ingat, investasi berbeda dengan jual beli yang memang bertujuan untuk mencari keuntungan dalam waktu singkat. Karena itu dalam berinvestasi emas, kamu harus fokus terhadap tujuan dan masa depan yang ingin dicapai.
(AAG)