Bisnis
·
6 Mei 2021 5:28

Cara Menghitung Zakat Penghasilan Paling Mudah

Konten ini diproduksi oleh Berita Bisnis
Cara Menghitung Zakat Penghasilan Paling Mudah (334565)
searchPerbesar
Ilustrasi Zakat Penghasilan. Foto: Freepik
Sudahkah kamu membayar zakat penghasilan di bulan ini? Jika belum, kamu bisa mempelajari artikel berikut ini untuk mengetahui besaran uang yang harus kamu bayarkan.
ADVERTISEMENT
Zakat merupakan satu dari kelima rukun islam yang harus kamu terapkan dalam kehidupan sehari- hari. Terdapat satu Hadits yang menerangkan secara khusus tentang 5 rukun Islam.
HR. Al-Bukhari dan Muslim.
بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ ، وَ إِقَامِ الصَّلَاةِ ، وَ إِيْتَاءِ الزَّكَاةِ ، وَ حَجِّ الْبَيْتِ ، وَ صَوْمِ رَمَضَانَ . رواه البخاري و مسلم .
"Islam dibangun di atas lima perkara: persaksian bahwa tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, pergi haji, dan puasa di bulan Ramadhan".
Dikutip dari laman zakat.or.id, zakat penghasilan disebut juga dengan istilah u’thiyat. Pada perkembangannya, profesi tertentu memiliki pendapatan yang lebih tinggi dan tetap dibandingkan mereka yang bertani, beternak, atau berdagang. Meskipun begitu, siapapun dapat mengeluarkan zakat penghasilan, asalkan mencukupi. Surat Al-Baqarah ayat 267 menyebutkan bahwa zakat dikenakan kepada apa yang diusahakan (Al-Kasbu).
ADVERTISEMENT
Selain zakat penghasilan, terdapat beberapa jenis zakat yang perlu kamu ketahui dan pelajari.

Jenis-Jenis Zakat

Pada dasarnya, zakat terbagi menjadi dua jenis, yaitu zakat fitrah dan zakat harta (zakat mal).
Zakat fitrah merupakan zakat yang dikeluarkan pada bulan Ramadan, menjelang Idul Fitri. Besar zakat fitrah yaitu 2,5 kg beras (3,5 liter), atau makanan pokok yang biasa dikonsumsi, atau uang senilai beras tersebut.
Sedangkan zakat mal dikeluarkan ketika syarat zakat terpenuhi, jadi bisa dikeluarkan kapan saja. Zakat mal terdiri dari:
  • Zakat penghasilan (zakat profesi)
  • Zakat pertanian
  • Zakat perniagaan (jual-beli)
  • Zakat ternak
  • Zakat emas dan perak

Nisab Zakat

Badan Amil Zakat Nasional, dalam situs resminya menjelaskan bahwa sesuatu dapat disebut dengan mal (harta) jika memenuhi dua syarat, yaitu:
ADVERTISEMENT
  1. Bisa dimiliki, disimpan, dikuasai.
  2. Bisa diambil manfaatnya, seperti rumah, emas, perak, mobil, hasil ternak, hasil pertanian, dan lain sebagainya.
Sedangkan syarat harta yang wajib dizakati, yakni:
  1. Dimiliki secara penuh.
  2. Bertambah atau berkembang.
  3. Telah cukup nisab.
  4. Sudah lebih dari kebutuhan pokok.
  5. Bebas hutang.
Nisab zakat adalah batasan antara apakah kekayaan itu wajib zakat atau tidak. Jika harta yang dimiliki seseorang telah mencapai nisab, maka kekayaan tersebut wajib zakat. Jika belum mencapai nisab, maka tidak wajib zakat.
Kementerian Agama RI telah menetapkan Peraturan Menteri Agama No 31 Tahun 2019 bahwa nisab zakat penghasilan senilai 85 gram emas dengan ketentuan harga emas terbaru di tahun tersebut, lalu kadar zakat pendapatan dan jasa sebesar 2,5%.

Perhitungan Zakat Mal

Contohnya, harga emas per 5 Mei 2021 adalah Rp 922.000 per gram, maka nisab zakat profesi (85 gram x harga emas per gram) Rp 78.370.000 per tahun atau Rp 6.530.000, per bulan. Dengan demikian, bagi kaum muslim yang memiliki penghasilan atau upah (take home pay) setara atau lebih dari Rp 6.530.000 per bulan, maka ia sudah wajib membayarkan zakat penghasilan.
ADVERTISEMENT
Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Jangan lupa bayar zakat ya!
(AAG)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white