Bisnis
·
10 Maret 2021 20:40

Kartu Prakerja Gelombang 14 Dibuka Besok, Ini Cara Pendaftarannya

Konten ini diproduksi oleh Berita Bisnis
Kartu Prakerja Gelombang 14 Dibuka Besok, Ini Cara Pendaftarannya (302352)
Ilustrasi pendaftaran Kartu Prakerja. (Foto: Kumparan).
Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 14 segera dibuka pada pukul 12.00 WIB besok (11/3). Bagi para calon pendaftar yang belum sempat mendaftar atau gagal lolos pada gelombang sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Sebelum itu, perlu diketahui terdapat beberapa syarat dan cara yang perlu diperhatikan oleh calon pendaftar sebelum mendaftar besok. Mari simak caranya.
Menurut Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, kuota yang tersedia pada gelombang 14 ini berjumlah 600 ribu orang.
Untuk itu, para calon pendaftar disarankan untuk segera mengecek laman www.prakerja.go.id.
Pada gelombang 14 ini, ketentuannya tidak jauh berbeda dengan gelombang-gelombang sebelumnya. Hanya saja, kali ini terdapat beberapa fitur baru untuk memaksimalkan proses pendaftaran.
Menurut Denni, salah satu fitur baru tersebut gelombang adalah pemberitahuan bagi para pendaftar alasan mereka tidak diterima dalam pendaftaran di setiap gelombang.
"Di gelombang 14 kami memperbaiki fitur untuk yang tidak lolos dan akan ada informasi di dashboard masing-masing alasan tidak berhasil menjadi penerima Prakerja karena kami memiliki NIK dari setiap K/L yang merupakan kelompok-kelompok yang dilarang menjadi penerima Kartu Prakerja," ujar Denni.
ADVERTISEMENT
Sasaran Program Kartu Prakerja Gelombang 14 ini juga masih sama seperti gelombang-gelombang sebelumnya, yakni diutamakan untuk para korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan dirumahkan, pengusaha mikro kecil menengah (UMKM) yang bisnisnya terdampak, pekerja di sektor pariwisata, dan pekerja migran IndonesiaIndonesia
Berikut cara daftar Program Kartu Prakerja Gelombang 14:
1. Buka laman www.prakerja.go.id
2. Siapkan nomor Kartu Keluarga (KK), dan NIK. Masukkan data diri dan ikuti petunjuk pada layar untuk finalisasi proses pembuatan akun. Jika terdapat kendala seperti gagal mengunggah KTP, mohon dicoba untuk melakukannya pada malam hari.
3. Siapkan kertas kosong dan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online. Tes ini sangat mempengaruhi hasil keseluruhan tes agar dapat lolos Kartu Prakerja gelombang 14. Tujuan tes adalah untuk mengenal kompetensi dan potensi yang dimiliki. Diperbolehkan untuk menggunakan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil/pulpen untuk mengerjakan soal.
ADVERTISEMENT
4. Setelah selesai, klik 'gabung' pada gelombang 14.
5. Peserta yang lolos seleksi gelombang 14 akan diumumkan melalui SMS.