KUR Mandiri 2022, Ini Jenis Kredit dan Persyaratannya

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
20 Mei 2022 16:47
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
KUR Mandiri 2022, Ini Jenis Kredit dan Persyaratannya (35266)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Mandiri. Foto: Bank Mandiri.
ADVERTISEMENT
KUR Mandiri 2022 dapat kamu ajukan di kantor cabang Bank Mandiri terdekat di tempat tinggal kamu. KUR merupakan salah satu produk Bank Mandiri yang dapat digunakan oleh para pengusaha mikro atau UMKM.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari bankmandiri.co.id, KUR atau Kredit Usaha Rakyat merupakan kredit yang disediakan perbankan untuk UMKMK dan bersifat feasible. Tujuan dari produk KUR ini untuk meningkatkan pelayanan Bank Mandiri terhadap UMKMK agar lebih produktif dan meningkatkan daya saing. Kontribusi terhadap perkembangan UMKMK dinilai dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, membuka lapangan pekerjaan, serta mengurangi tingkat kemiskinan.
KUR Bank Mandiri menawarkan bunga yang cukup rendah. Hal ini diharapkan tidak membebani pelaku UMKMK dan dapat mendorong perkembangan bisnisnya. Terdapat 5 jenis KUR yang ditawarkan Bank Mandiri. Kamu dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Berikut 5 jenis Kredit Usaha Rakyat milik Bank Mandiri.

5 Jenis KUR Mandiri 2022

KUR Mandiri 2022, Ini Jenis Kredit dan Persyaratannya (35267)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bank mandiri. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan.
KUR Mandiri 2022 memiliki 5 jenis kredit. Mengutip dari bankmandiri.co.id, berikut kelima jenis Kredit Usaha Rakyat yang dapat kamu pilih.
ADVERTISEMENT

1. KUR Super Mikro

KUR Super Mikro menawarkan limit kredit maksimal di jumlah Rp 10 juta per debitur. Adapun jangka waktu yang diberikan yaitu maksimal 3 tahun untuk Kredit Modal Kerja dan maksimal 5 tahun untuk Kredit Investasi.

2. KUR Mikro

KUR Mikro merupakan jenis kedua dari KUR Mandiri. Kredit ini menawarkan limit pinjaman mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 50 juta. Untuk jangka waktu yang tersedia maksimal 3 tahun untuk Kredit Modal Kerja dan maksimal 5 tahun untuk Kredit Investasi.

3. KUR Kecil

KUR Kecil menawarkan limit kredit yang lebih besar dari 2 jenis KUR sebelumnya. Limit kredit yang ditawarkan mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 500 juta. Untuk jangka waktu yang dapat dipilih yaitu maksimal 4 tahun untuk Kredit Modal Kerja dan maksimal 5 tahun untuk Kredit Investasi.
ADVERTISEMENT

4. KUR Penempatan TKI

KUR Penempatan TKI ditujukan untuk pekerja TKI selama masa kerjanya. Limit kredit yang ditawarkan pun hingga Rp 25 juta rupiah. Jangka waktu yang diberikan pun paling lama 3 tahun atau sama dengan masa kontrak kerja.

5. KUR Khusus

KUR Khusus ditujukan untuk kelompok yang mengelola mitra usaha seperti komoditas perkebunan rakyat dan peternakan rakyat serta perikanan rakyat, industri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, atau komoditas sektor produktif lain. Limit kredit yang diberikan sampai dengan Rp 500 juta dengan jangka waktu maksimal 4 tahun untuk Kredit Modal Kerja dan maksimal 5 tahun untuk Kredit Investasi.

Persyaratan KUR Mandiri

Persyaratan KUR Mandiri perlu kamu lengkapi terlebih dahulu agar pengajuan kredit kamu diterima. Terdapat syarat dokumen serta ketentuan umum yang perlu kamu perhatikan. Mengutip dari bankmandiri.co.id, berikut syarat dan ketentuannya.
ADVERTISEMENT
Ketentuan Umum dan Dokumen Pengajuan
  1. Usia minimal 21 tahun dan sudah menikah. Untuk KUR Penempatan TKI minimal usia 18 tahun dan harus menyertakan surat izin dari orang tua/wali.
  2. Pelaku usaha memiliki usaha produktif dan layak dengan kriteria dapat sedang menerima KUR pada penyalur yang sama, Kredit Kepemilikan Rumah, Kredit/Leasing Kendaraan Bermotor, Kartu Kredit, Kredit dengan Jaminan Surat Keputusan Pensiun, dan Resi Gudang dengan kolektibilitas Lancar.
  3. Pelaku usaha dapat memiliki baki debet kredit/pembiayaan produktif dan kredit/pembiayaan program di luar KUR. Lampirkan surat keterangan lunas/roya dengan lampiran cetakan rekening dari pemberi kredit/pembiayaan sebelumnya.
  4. Lampirkan Dokumen Pengajuan seperti permohonan kredit, fotokopi E-KTP, KK, Surat Nikah/ cerai (bagi yang sudah menikah/cerai), pas foto baru calon debitur dan pasangan, Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK)/ Surat keterangan domisili usaha/ Surat keterangan usaha lainnya, dan NPWP (apabila limit kredit >Rp 50 Juta).
ADVERTISEMENT

(NDA)