Bisnis
·
14 Januari 2021 14:01

Listyo Sigit Jadi Calon Kapolri Pilihan Jokowi, Segini Kekayaannya

Konten ini diproduksi oleh Berita Bisnis
Listyo Sigit Jadi Calon Kapolri Pilihan Jokowi, Segini Kekayaannya (430246)
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan pers di kantor Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Selasa (15/12). Foto: Galih Pradipta/ANTARA FOTO
Presiden Joko Widodo memilih Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri yang akan menggantikan posisi Jenderal Idham Aziz yang pensiun pada 1 Februari tahun ini. Listyo Sigit merupakan calon tunggal yang namanya dikirim ke DPR RI.
ADVERTISEMENT
“Pada hari ini, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan usulan Pejabat Kapolri kepada DPR RI, atas nama Komjen (Pol) Drs. Listyo Sigit Prabowo, Msi, untuk mendapatkan persetujuan DPR,” ujar Puan Maharani selaku Ketua DPR di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/1).
Setelah menerima nama itu, DPR akan memperhatikan beberapa aspek apakah calon Kapolri yang diajukan sudah memenuhi persyaratan atau belum. Proses dan mekasinmenya akan dilanjutkan melalui internal DPR.
Pria kelahiran 5 Mei 1969 di Ambon, Maluku itu merupakan lulusan Akpol angkatan 1991. Listyo Sigit sudah menjabat berbagai posisi dalam kariernya di Polri.
Saat ini, dirinya menjabat sebagai Kabareskrim Polri sejak 6 Desember 2019. Sebelumnya, ia juga mengemban amanah penting. Dua di antaranya, menjadi ajudan Presiden Jokowi pada 2014 dan menjadi Kapolda Banten pada 2016.
ADVERTISEMENT
Sebagai calon tunggal Kapolri pilihan Jokowi, berapa kekayaan yang dimiliki Listyo Sigit?
Dikutip dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN KPK), Listyo memiliki kekayaan mencapai Rp 8,31 miliar. Data tersebut dilaporkan Listyo pada 11 Desember 2020.
Harta yang dimilikinya terbagi dari beberapa aset. Jenderal bintang tiga itu tercatat punya tanah dan bangunan, alat transportasi, harta bergerak lainnya, serta kas dan setara kas.
Untuk harta berupa tanah dan bangunan senilai Rp 6,15 miliar. Lokasinya berada di Jakarta Timur, Tangerang, dan Semarang.
Sementara untuk alat transportasi, Listyo hanya punya satu unit mobil. Pria berumur 51 tahun itu punya Toyota Fortuner keluaran tahun 2018 dengan harga Rp 320 juta.
Yang terakhir, harta bergerak lainnya senilai Rp 975 juta, untuk kas dan setara kas di angka Rp 869,73 juta. Jika dijumlahkan, semuanya menjadi Rp 8.314.735.000.
ADVERTISEMENT

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white