Bisnis
·
11 Juni 2021 5:35
·
waktu baca 3 menit

Perusahaan Sekuritas Terbaik untuk Pemula di Indonesia

Konten ini diproduksi oleh Berita Bisnis
Perusahaan Sekuritas Terbaik untuk Pemula di Indonesia (43024)
Ilustrasi Sekuritas Terbaik. Foto: Pexels
Sekuritas atau Anggota Bursa Efek Indonesia ialah Perantara Pedagang Efek yang telah memperoleh izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan mempunyai hak untuk mempergunakan sistem dan atau sarana Bursa Efek sesuai dengan peraturan Bursa Efek. Definisi tersebut berdasarkan UU Pasar Modal tahun 1992.
ADVERTISEMENT
Definisi tersebut menekankan beberapa hal penting, yaitu:
  1. Sekuritas adalah perantara pedagang efek, salah satu jenis efek adalah saham.
  2. Sekuritas wajib punya izin usaha dari otoritas, OJK (Bapepam). Tidak bisa sembarang lembaga menjadi sekuritas untuk bisa bertransaksi di Bursa Efek
  3. Sekuritas wajib menjadi anggota Bursa Efek agar bisa melakukan perdagangan saham dengan menggunakan sistem dan sarana di bursa.

Saat ini, anggota bursa dan merupakan pemilik Bursa Efek Indonesia berjumlah 109 sekuritas. Berikut tiga sekuritas terbaik di tahun 2021.

Perusahaan Sekuritas Terbaik untuk Pemula di Indonesia (43025)
Ilustrasi Daftar Sekuritas Terbaik. Foto: Pexels

1. Indo Premier Sekuritas

Indo Premier Sekuritas merupakan salah satu perusahaan sekuritas swasta terbesar dan terbaik di Indonesia yang menawarkan investasi di pasar modal dengan melayani klien, mulai dari individu maupun korporasi.
Sebelum berganti nama menjadi PT Indo Premier Sekuritas pada tahun 2017, perusahaan sekuritas yang mulanya telah ada sejak tahun 1996 ini dinamakan PT Indo Premier Securities sejak tahun 2002.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari laman Bloomberg, Indo Premier Sekuritas atau yang juga dikenal sebagai IndoPremier berhasil menjadi sekuritas anak bangsa yang berada di posisi teratas dalam persaingan pasar obligasi paruh pertama 2019, dengan volume transaksi mencapai Rp 10 triliun (menguasai pangsa pasar 20 persen), serta berada di peringkat kedua dalam perdagangan saham dengan volume transaksi Rp 1,9 triliun (menguasai pangsa pasar 12,9 persen) per 31 Agustus 2019.
IndoPremier sendiri beroperasi dengan mengantongi izin Badan Pengawas Pasar Modal/Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nomor KEP-11/PM/PPE/1996.
Produk dan layanan yang ditawarkan oleh Indo Premier Sekuritas meliputi:
  • Investasi reksadana (untuk individu dan keluarga)
  • Perencanaan keuangan (untuk individu dan keluarga)
  • Investment banking (untuk korporat/institusi)
  • Equity sales & trading (untuk korporat/institusi)
  • Fixed income sales & trading (untuk korporat/institusi)
ADVERTISEMENT

2. Mirae Asset Sekuritas

Mirae Asset Sekuritas Indonesia merupakan perusahaan sekuritas yang didirikan pada tahun 1994 dengan nama Monas Buana Securities dan berpusat di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini juga kerap menduduki Top 3 Stock Exchanges.
Pada tahun 2003, perusahaan sekuritas ini berganti nama menjadi eTrading Securities hingga tahun 2013. Setelah mengalami beberapa aksi akuisisi, namanya kemudian berganti lagi menjadi Daewoo Securities Indonesia yang bertahan hingga tahun 2013 sebelum akhirnya berubah menjadi PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia.
Mirae Asset Sekuritas Indonesia berhasil mendapat gelar sebagai sekuritas terbaik di Indonesia pada tahun 2018. Prestasinya tidak hanya itu saja. Nilai transaksi investor domestik memacu nilai transaksi saham investor di PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia. Perusahaan sekuritas terbaik ini berhasil mencapai nilai transaksi saham tertinggi sekaligus terbaik di tahun 2020, yakni senilai Rp 227,13 triliun (per September 2020).
ADVERTISEMENT
Produk serta layanan yang ditawarkan oleh Mirae Asset Sekuritas terdiri dari:
  • Transaksi saham dan obligasi untuk ritel dan korporasi
  • Transaksi saham dan reksa dana secara online, untuk produk konvensional maupun syariah
  • Transaksi saham secara margin (pinjam meminjam)
  • Corporate finance (merger/akuisisi, pencatatan saham dan obligasi di Bursa Efek Indonesia)
  • Riset perusahaan dan ekonomi

3. BNI Sekuritas

BNI Sekuritas merupakan anak perusahaan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk yang bergerak di pasar modal sejak tahun 1995. Sebelumnya, perusahaan ini didirikan dengan nama BNI Securities hingga tahun 2017. Saham PT BNI Sekuritas terbagi dengan SBI Securities asal Jepang pada 2011 yang menghasilkan struktur 75% untuk BNI dan 25% untuk SBI Securities.
PT BNI Sekuritas bergerak di bidang pasar modal yang mencakup perdagangan saham, perdagangan surat utang, investment banking, hingga asset management.
ADVERTISEMENT
BNI Sekuritas berhasil menyabet gelar terbaik untuk The Most Active Securities Company dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) pada tahun 2018.
Selain telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), PT BNI Securities juga memiliki izin usaha di bidang penjamin emisi efek dengan Nomor: KEP-20/PM/1995 dan atas nama PT BNI Sekuritas dengan Nomor: KEP-20/PM.2/2017.
Izin usaha sebagai perantara pedagang efek juga tercatat di Nomor: KEP-19/PM/1995 dan atas nama PT BNI Sekuritas di Nomor: KEP-21/PM.2/2017.
Produk dan Layanan BNI Sekuritas
  • Investment banking (layanan emisi penjaminan kepada calon emiten dan membantu dalam mempersiapkan dan menyelenggarakan Penawaran Umum Perdana baik saham, obligasi, atau penerbitan efek utang lainnya)
  • Equity brokerage (perantara pedagang efek)
  • Fixed income brokerage (layanan pengelolaan perdagangan surat utang)
  • Mutual fund selling agent (agen penjual reksadana)
  • Kelebihan BNI Sekuritas
ADVERTISEMENT
Demikianlah ulasan singkat mengenai sekuritas dan kelima rekomendasinya. Semoga bermanfaat!
(AAG)