Tips Lolos Seleksi CPNS 2021

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
30 Juni 2021 17:49
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tips Lolos Seleksi CPNS 2021 (186797)
zoom-in-whitePerbesar
Seleksi CPNS/jpnn.com
ADVERTISEMENT
Penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan segera dibuka. Penting bagi Anda yang hendak mengikuti seleksi CPNS untuk mempersipkan diri sebaik mungkin supaya peluang Anda untuk lolos seleksi CPNS yang ketat itu bisa semakin besar.
ADVERTISEMENT
Berikut merupakan beberapa tips & trik lolos tes CPNS 2021 yang bisa Anda aplikasikan, diantaranya:
1. Perhatikan jadwal tahapan pendaftaran
Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah jadwal pendaftaran CPNS itu sendiri. Calon peserta wajib menunggu pengumuman soal tahapan pendaftaran agar tidak terlambat atau tertinggal.
Anda bisa mendapatkan informasi terbaru seputar CPNS dengan mengikuti instagram @bkngoidofficial dan @kemenpanrb.
Apabila ingin proses pendaftaran berjalan lebih lancar, waktu terbaik untuk mendaftar adalah di malam hari. Mengapa? karena kemungkinan situs yang diakses tidak ramai dikunjungi pada malam hari.
2. Rajin berlatih mengerjakan soal
Sembari menunggu pendaftaran dibuka, calon peserta mulailah berlatih mengerjakan soal-soal untuk tes CPNS dari sekarang. Anda bisa memulai membeli buku-buku yang membahas mengenai soal latihan seleksi CPNS.
ADVERTISEMENT
Apabila tidak dapat membeli buku, Anda dapat dengan mudah mengakses buku digital yang menyediakan kumpulan soal latihan yang serupa.
3. Mendengar pengalaman orang lain
Bagi yang sudah pernah gagal seleksi CPNS, jangan lupa untuk mengevaluasi faktor yang sekiranya menyebabkan kegagalan.
Namun, apabila ini adalah tes yang pertama Anda lakukan, Anda boleh meminta saram dan mendengar pengalaman dari teman atau kerabat yang pernah melaluinya. Hal ini dilakukan guna menghindari kesalahan serupa dan dapat mengerjakannya dengan lebih baik.
4. Manajemen waktu
Agar peluang Anda untuk lolos seleksi CPNS semakin besar, mulailai memperbaiki manajemen waktu Anda dengan baik, bahkan sejak tahap persiapan.
Luangkan waktu setiap harinya untuk berlatih mengerjakan soal dan mempelajari soal-soal tes CPNS.
ADVERTISEMENT
Pada hari ujian nanti, perhatikan jarak dan juga tempat dari rumah Anda ke lokasi ujian. Kemudian perkirakan waktu yang cukup untuk sampai ke tempat ujian dengan tepat waktu dan jangan sampai terlambat.
Jangan lupa juga untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan jaga jarak selama proses ujian berlangsung.
5. Berdoa
Ini adalah hal yang paling penting. Setelah semua usaha telah dilakukan, jangan lupa untuk berdoa agar diberi kemudahan dan kelancaran dalam mengerjakan ujian. Minta juga doa orang tua serta keluarga dan shaabt sebelum berangkat ke tempat ujian, lalu kerjakanlah ujian tersebut sebaik dan semaksimal mungkin.