kumparan
Bola & Sports23 Mei 2020 7:38

5 Fakta Jelang Borussia Moenchengladbach vs Bayer Leverkusen di Bundesliga

Konten kiriman user
Gladbach Leverkusen.jpg
Pertemuan Bayer Leverkusen Borussia Moenchengladbach pada paruh pertama musim 2019/20. (Foto: @Borussia/Twitter)
Pekan ke-27 Bundesliga musim 2019/2020 akan menyajikan laga bertajuk Rhine Derby. Borussia Moenchengladbach akan menghadapi Bayer Leverkusen di Borussia-Park, Sabtu (23/5) pukul 20.30 WIB.
ADVERTISEMENT
Dua klub yang dinilai paling menghibur ini bakal saling bersua. Keduanya akan bersaingan ketat di papan atas klasemen. Kini Gladbach berada di posisi ketiga, mengoleksi 52 poin dari 26 laga. Kemenangan nantinya bakal memangkas selisih poin Marcus Thuram dan kolega, dengan pemuncak klasemen jadi tiga angka.
Sementara Leverkusen juga berada tak jauh dari pemuncak klasemen, hanya selisih delapan angka. Bahkan, kedua tim kini cuma terpisah dua poin di papan klasemen. Lars Bender dan kolega berada di posisi kelima dengan torehan 50 angka.
Kedua tim sama-sama menang di laga pembuka setelah kompetisi ditunda akibat pandemi virus corona. Gladbach menang 3-1 atas Eintracht Frankfurt, sementara Leverkusen mengalahkan Werder Bremen 4-1.
Leverkusen vs Gladbach.jpg
Borussia Moenchengladbach vs Bayer Leverkusen pada 2018. (Foto: @bayer04fussball/Twitter.)
Adapun pertemuan keduanya dimenangkan Die Fohlen, yakni dengan skor 2-1. Marcus Thuram jadi bintang di laga kontra Die Werkself. Ia mencatatkan assist kepada Oscar Wendt dan mencetak gol.
ADVERTISEMENT
Namun, di pertemuan kedua ini skuat arahan Marco Rose bakal tampil pincang. Denis Zakaria yang notabenenya pemain kunci di lini tengah, juga Fabian Johnson tak bisa main. Meski begitu, Thuram yang bisa tampil dan tentu akan jadi andalan Gladbach.
Sementara tim besutan Peter Bosz masih tanpa penyerang andalan mereka, Kevin Volland. Hal tersebut diperburuk dengan sang kapten, Lars Bender, mengalami cedera di sesi latihan. Nantinya, wonderkid Kai Havertz bakal jadi tumpuan utama tim.
Berangkat dari pertemuan Borussia Moenchengladbach menghadapi Bayer Leverkusen tersebut, berikut lima fakta jelang laga keduanya dalam lanjutan Bundesliga.

1. Pertemuan Keduanya Rata-rata Menciptakan 3 Gol

Untitled Image
Marcus Thuram, penyerang Gladbach. Foto: REUTERS/Leon Kuegeler
Dari 75 pertemuan Borussia Moenchengladbach dengan Bayer Leverkusen di Bundesliga, sudah 249 gol tercipta. Artinya, rata-rata sebanyak tiga gol tercipta saat kedua tim tersebut bertemu di kompetisi kasta tertinggi Liga Jerman.
ADVERTISEMENT

2. Rekor Pertemuan Gladbach dan Leverkusen

Bayer Leverkusen sempat tidak terkalahkan kontra Borussia Moenchengladbach selama 26 pertemuan beruntun, yakni dari tahun 1994 hingga 2010. Namun, Die Fohlen berhasil menang atas Die Werkself di tiga pertemuan terakhir.

3. Duet Thuram-Plea Andalan Gladbach

Marcus Thuram dan Alassane Plea jadi duet mematikan yang dimiliki Gladbach. Keduanya hingga kini sukses berkontribusi terhadap 31 gol Gladbach, yakni 60 persen dari keseluruhan gol mereka di Bundesliga.

4. Kai Havertz Wonderkid Andalan Leverkusen

Untitled Image
Kai Havertz, gelandang andalan Bayer Leverkusen. Foto: OSCAR DEL POZO / AFP
Kai Havertz merupakan pencetak gol termuda sepanjang masa Leverkusen. Pemain berusia 20 tahun tersebut juga merupakan pemain tercepat yang mencapai 100 penampilan di Bundesliga. Hanya saja, ia belum pernah mencetak gol kontra Gladbach.

5. Kemenangan Terbesar Bosz Menghadapi Gladbach

Kemenangan terbesar sepanjang karier Peter Bosz, juru taktik Bayer Leverkusen, yakni kala menghadapi Borussia Moenchengladbach. Kala itu, skuat arahannya menang 5-1, hanya kalah telak dari Borussia Dortmund yang menang 6-1 atas Gladbach. (bob)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan