kumparan
search-gray
News23 Maret 2020 9:03

3 Cara untuk Dapat Informasi soal Corona di WhatsApp

Konten kiriman user
whatsapp pixabay.jpg
Ilustrasi WhatsApp. Foto: Pixabay
Semakin masifnya penyebaran virus Corona COVID-19 membuat masyarakat membutuhkan informasi soal perkembangan terkini. Mencari informasi dengan mengecek media sosial kadang justru berisiko memicu kecemasan. Maklum, banyak informasi di sana yang tak bisa dipertanggungjawabkan.
ADVERTISEMENT
Pemerintah dan berbagai lembaga pun menyarankan untuk mengakses informasi dari sumber terpercaya. Informasi tersebut juga bisa didapat WhatsApp yang dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi aktual dan memerangi hoaks seputar virus corona.
Berikut adalah beberapa cara mudah untuk memperoleh informasi soal virus corona melalui WhatsApp.

Chatbot Kominfo

Akun WhatsApp Kominfo yang memang dikhususkan untuk informasi seputar virus Corona ini dapat diakses sejak Jumat (20/3). Berikut adalah langkah-langkah penggunaannya.
  • Simpan nomor +6281133399000 dalam kontak
  • Buka ruang chat, kirim ‘Halo’ untuk mengakses informasi
  • Chatbot membalas dengan berbagai pilihan pertanyaan. Jika ingin mengetahui kabar tentang penyakit COVID-19 terkini di Indonesia, kirim pilihan abjad ‘A’

WHO (World Health Organizetion)

Ketika menginginkan informasi yang akurat, penting untuk melihat data lebih dari satu sumber untuk diperbandingkan. Dalam layanan WhatsApp WHO ini, terdapat lebih dari 20 pilihan informasi, mulai dari jumlah penderita COVID-19 sampai cara membantu anak-anak yang merasakan stres akibat pandemi ini.
ADVERTISEMENT
  • Simpan nomor +41798931892 dalam kontak
  • Buka ruang chat, kirim ‘Hi’ untuk memulai layanan informasi
  • Chatbot membalas dengan berbagai pilihan info yang ingin diketahui. Balas sesuai nomor atau emoji. Misalnya jika ingin mengetahui jumlah pasien positif Corona dan jumlah yang meninggal per region negara, kirim “1”.

UNICEF Indonesia dan U-Report

Ini adalah WhatsApp resmi untuk menghimpun informasi dari tim global UNICEF bekerja sama dengan U-Report. Sedikit berbeda dengan dua chatbot WhatsApp sebelumnya, untuk mengakses informasi, Anda diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang dijadikan sebagai profil responden.
Berikut cara penggunaannya:
  • Simpan nomor +628119004567 ke kontak
  • Buka ruang chat, kirim ‘Corona’
  • Ikuti petunjuk yang diberikan
  • Jika ingin melanjutkan akses informasi, isi usia, jenis kelamin, dan tempat tinggal sebagai data responden.
ADVERTISEMENT
  • Chatbot secara otomatis mengirim update jumlah kasus Corona di Indonesia secara spesifik, yang diperbarui setiap hari.
(ERA)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white