kumparan
search-gray
News7 Juli 2020 11:11

3 Kriteria Hewan Qurban di Hari Raya Idul Adha yang Perlu Diperhatikan

Konten kiriman user
3 Kriteria Hewan Qurban di Hari Raya Idul Adha yang Perlu Diperhatikan (62685)
Permintaan hewan kurban, kambing dan sapi di Pasar Kambing, Jalan Sabeni, Tanah Abang, Jakarta meningkat. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Menyembelih hewan qurban menjadi salah satu ibadah yang dilakukan umat Muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Qurban dilaksanakan pada hari raya haji atau Idul Adha serta tiga hari tasyriq, yakni tanggal 11, 12, 13 bulan Dzulhijjah.
ADVERTISEMENT
Pelaksanaan qurban menjadi ibadah yang diutamakan saat Idul Adha. Hal tersebut dijelaskan dalam hadist riwayat Aisyah, r.a, Rasulullah SAW yang berbunyi:
"Tidak ada suatu amalan yang dikerjakan anak Adam (manusia) pada hari raya Idul Adha yang lebih dicintai oleh Allah dari menyembelih hewan. Karena hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kuku kakinya. Darah hewan itu akan sampai di sisi Allah sebelum menetes ke tanah. Karenanya, lapangkanlah jiwamu untuk melakukannya.” (Hadits Hasan, riwayat al-Tirmidzi: 1413 dan Ibn Majah: 3117).
3 Kriteria Hewan Qurban di Hari Raya Idul Adha yang Perlu Diperhatikan (62686)
Penjual hewan kurban di kawasan Lenteng Agung, Jalan Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua hewan bisa dijadikan qurban. Terdapat sejumlah kriteria hewan qurban yang harus dipenuhi seperti sebagai berikut.
Jenis hewan
Jenis hewan qurban yang disepakati ulama adalah semua hewan ternak. Namun, terdapat perbedaan pendapat mengenai mana yang lebih utama dari jenis hewan ternak.
ADVERTISEMENT
Menurut Imam Malik, yang paling utama adalah kambing atau domba, sapi, lalu unta. Sedangkan Imam Syafi'i berpendapat bahwa yang utama adalah unta, kemudian sapi, lalu kambing.
Usia hewan
Terdapat kriteria usia untuk hewan qurban seperti domba yang harus berusia minimal satu tahun lebih atau sudah berganti giginya (al-jadza’), kambing harus berusia minimal dua tahun lebih. Lalu, untuk sapi dan kerbau harus mencapai usia minimal dua tahun lebih. Sedangkan unta harus berusia lima tahun atau lebih.
Kondisi hewan
Kondisi hewan qurban juga menjadi salah satu kriteria yang harus diperhatikan. Adapun kondisi hewan yang tidak bisa dijadikan qurban adalah matanya buta, dalam keadaan sakit, kakinya pincang, dan badannya kurus tidak berlemak.
(DNA)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white