News
·
28 Agustus 2020 18:53

4 Contoh Kerajinan Bahan Limbah yang Kreatif dan Berguna

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
4 Contoh Kerajinan Bahan Limbah yang Kreatif dan Berguna (72322)
Ilustrasi Kerajinan foto : Unsplash
Kerajinan bahan limbah merupakan benda kreasi dari bahan limbah atau sampah yang dibuat oleh tangan manusia. Kerajinan tangan tersebut biasanya dapat berupa hiasan kreatif atau barang serba guna untuk sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Selain menyalurkan kreativitas, pembuatan kerajinan limbah juga dapat menyumbang sejumlah manfaat untuk lingkungan. Mulai dari mengurangi sampah tidak bermanfaat hingga mengurangi polutan. Tak hanya itu, kerajinan ini juga dapat dijual sebagai ekonomi kreatif.
Untuk membuatnya, Anda dapat mengumpulkan beberapa bahan limbah seperti kantong plastik, botol kaleng, hingga kaca. Dengan kreativitas, bahan tersebut dapat disulap dengan mudah menjadi karya seni serba guna.
Jika tertarik membuatnya, mari simak 4 contoh kerajinan bahan limbah berikut ini.
4 Contoh Kerajinan Bahan Limbah yang Kreatif dan Berguna (72323)
com-Ilustrasi sampah plastik Foto: shutterstock

Tas dari Kain Perca

Anda yang gemar menjahit dapat mencoba jenis kerajinan limbah ini. Untuk membuatnya, Anda harus menyiapkan kain perca, benang, jarum, plastik kemasan dan mesin jahit. Kain tersebut dapat dikreasikan menjadi tas atau barang sederhana lain seperti taplak meja dan sarung bantal.
ADVERTISEMENT

Bunga dari Plastik

Selain dijadikan tempat pensil, botol bekas juga dapat disulap menjadi tempat bunga hias yang cantik. Pembuatan kerajinan ini membutuhkan bahan sederhana yakni pola bunga, kantong plastik dan selotip.

Tas dari Bungkus Kopi

Tak hanya kain, plastik bekas juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi tas unik. Anda yang ingin membuatnya dapat menyediakan bungkus kopi instan, gunting, penggaris, kain furing, jarum dan benang hingga resleting. Nantinya, kain dapat diolah menjadi tas plastik yang bermanfaat.

Tempat Pensil dari Botol Bekas

Kerajinan ini hanya membutuhkan bahan sederhana yakni botol plastik bekas. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu memotong botol plastik bekas dan mengambil bagian bawahnya. Kemudian, bagian bawah botol dapat dihias dan dijadikan tempat pensil.
ADVERTISEMENT
(GTT)