Tekno & Sains
·
4 Maret 2020 17:45

5 Cara Ampuh Usir Radang Tenggorokan

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
5 Cara Ampuh Usir Radang Tenggorokan (105399)
Ilustrasi sakit tenggorokan. Foto: Shutterstock
Radang tenggorokan merupakan penyakit dengan gejala rasa sakit seperti terbakar disertai dengan batuk, bersin atau demam. Penyakit ini diderita berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.
ADVERTISEMENT
Radang tenggorokan paling sering disebabkan oleh infeksi virus. Sebagian kecil lainnya karena infeksi bakteri. Hal lain yang dapat menyebabkan radang tenggorokan ialah racun atau iritasi akibat zat berbahaya yang ada di dalam rokok, minuman beralkohol, makanan pedas atau berminyak, serta pencemaran polusi udara.
Pada dasarnya, keluhan dapat mereda dengan sendirinya selama 5-7 hari. Akan tetapi dampak yang ditimbulkannya sering kali membuat orang tidak betah berlama-lama dengan kondisi seperti ini. Alhasil mereka lebih memilih mengobatinya sesegera mungkin.
Namun, tidak semua orang memilih untuk langsung menemui dokter. Sebagian dari mereka memilih mengobati sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan alami atau mengonsumsi obat 'warung'.
Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda coba untuk mengatasi sakit radang tenggorokan di rumah:
ADVERTISEMENT

Perbanyak Minum Air Mineral

Ketika mengalami radang, tenggorokan akan terasa kering, hingga menyebabkan susah untuk menelan. Oleh sebab itu, konsumsi air mineral harus lebih ditingkatkan lagi.
Hal ini berguna untuk menjaga kelembapan tenggorokan. Tubuh yang kekurangan cairan tidak akan menghasilkan air liur dan lendir yang cukup. Jika kondisi ini dibiarkan, akan memperparah peradangan.

Permen Pelega Tenggorokan (Lozenge)

Kandungan menthol, peppermint atau eucalyptus, yang terkandung dalam permen pelega tenggorokan dapat membantu meringankan rasa sakit pada tenggorokan, serta dapat mendorong proses penyembuhan.
Selain itu, permen ini juga dapat meningkatkan produksi air liur. Sehingga kelembapan di area tenggorokan tetap terjaga dengn baik.

Menghirup Air Hangat

Cara ini juga dinilai dapat membantu meringankan pembengkakan akibat radang tenggorokan, sekaligus mengatasi hidung mampet.
ADVERTISEMENT
Caranya dapat dilakukan dengan menaruh air hangat ke dalam mangkuk besar, lalu tarik napas dalam-dalam selama beberapa menit. Untuk menghindari uap panas keluar, letakkan handuk secara menggantung di atas kepala.

Berhenti Merokok

Jika Anda seorang perokok aktif, bisa jadi radang tenggorokan terjadi karena zat bahaya yang terkandung dalam rokok. Oleh sebab itu, berhenti merokok adalah salah satu cara yang wajib Anda lakukan.

Istirahat

Untuk melawan infeksi virus penyebab radang tenggorokan, Anda perlu memiliki imunitas tubuh yang sangat baik. Istirahat yang cukup merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh.
Di saat iklim tidak menentu seperti saat ini, biasanya keluhan radang tenggorokan sering sekali ditemukan. Jika Anda sedang, mengalaminya, coba lakukan beberapa tips di atas ya!
ADVERTISEMENT
(RAA)