News
·
13 Oktober 2020 9:00

5 Manfaat Tidur Tanpa Bra yang Perlu Diketahui

Konten ini diproduksi oleh
5 Manfaat Tidur Tanpa Bra yang Perlu Diketahui (9718)
Ilutrasi Tidur. Foto: Pixabay
Hari ini, Selasa (13/10) dunia tengah memperingati Hari Tanpa Bra Sedunia. Perayaan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran publik tentang kanker payudara dan menjalani pemeriksaan kanker payudara sejak dini.
ADVERTISEMENT
Dalam kampanye ini, para perempuan diajak untuk melepaskan branya selama seharian penuh. Tentu, banyak perempuan yang tidak terbiasa melakukan hal tersebut. Maka dari itu, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah saat tidur.
Salah satu manfaat tidur tanpa bra adalah menghindari sesak nafas karena beberapa jenis bra memang didesain melekat erat pada tubuh. Di sisi lain, ada banyak mitos yang beredar mengenai penggunaan bra saat tidur yang isunya dapat memicu kanker.
Melansir berbagai sumber, mitos ini berawal dari tulisan dalam buku berjudul Dresses to Kill (1995). Salah satu tulisannya mengklaim risiko kanker pada perempuan yang memakai bra berkawat lebih dari 12 jam.
Namun, American Cancer Society menyatakan bahwa tidak ada bukti kuat yang mendukung klaim tersebut. Meskipun demikian, ada banyak manfaat tidur tanpa bra yang bisa dirasakan.
ADVERTISEMENT
Ingin tahu apa saja? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.
  1. Mencegah Iritasi Kulit
5 Manfaat Tidur Tanpa Bra yang Perlu Diketahui (9719)
Mencegah Iritasi Kulit. Foto: SehatQ
Tidur tanpa bra dapat mencegah risiko iritasi kulit karena saat tidur akan ada banyak pergerakan yang dilakukan tanpa sadar. Apabila menggunakan bra, akan terjadi gesekan di sekitar kulit payudara. Apalagi, jika yang digunakan adalah yang ketat seperti bra berkawat atau sport bra.
  1. Mengurangi Keringat Berlebih
5 Manfaat Tidur Tanpa Bra yang Perlu Diketahui (9720)
Ilustrasi Keringat berlebih. Foto: Pixabay
Suhu udara yang naik ketika malam hari serta beberapa jenis bra juga membuat tubuh memproduksi keringat lebih banyak. Tanpa disadari, area yang lembab ini dapat membuat jamur dan bakteri berkembangbiak dengan mudah. Tentu, kondisi tersebut membuat kulit terasa gatal serta mengganggu kenyamanan.
  1. Membuat Pernapasan Lebih Lancar
5 Manfaat Tidur Tanpa Bra yang Perlu Diketahui (9721)
Ilustrasi Pernapasan Lebih Lancar. Foto: Pixabay
Saat terbaring, saluran udara akan menyempit sehingga oksigen sulit mencapai paru-paru. Dengan menggunakan bra, pergerakan otot akan lebih terbatas dan oksigen semakin sulit untuk masuk.
ADVERTISEMENT
Kekurangan oksigen ini dapat membuat tubuh merasa sesak dan sulit bernapas. Sehingga, tidur tanpa bra memungkinkan pernapasan lebih lancar saat tidur.
  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah
5 Manfaat Tidur Tanpa Bra yang Perlu Diketahui (9722)
Meningkatkan Sirkulasi Darah. Foto: Pixabay
Pada dasarnya bra memang dibuat ketat dan fit body. Jika terlalu lama digunakan, dapat mengganggu sirkulasi darah ke jaringan payudara, saraf lengan, dan area sekitarnya. Oleh karena itu, tidur tanpa menggunakan bra sangat baik untuk peredaraan darah, serta terhindar dari pusing dan kram.
  1. Mencegah Penyumbatan Limfatik
5 Manfaat Tidur Tanpa Bra yang Perlu Diketahui (9723)
Ilustrasi Mencegah Penyumbatan Limfatik. Foto: Sharp.com
Tidur tanpa bra sangat disarankan karena bentuk bra yang kaku dan ketat memberikan tekanan di area payudara yang berisiko terjadinya penyumbatan limfatik.
Penyumbatan limfatik terjadi karena penumpukan cairan pada kelenjar getah bening aksila yang terdapat di area ketiak. Kelenjar ini berfungsi untuk melawan infeksi dan zat asing berbahaya dalam tubuh.
ADVERTISEMENT
(FEP)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white