kumparan
News25 Februari 2020 17:23

5 Tips Menentukan Jurusan Kuliah Agar Tak Salah Pilih

Konten kiriman user
photo-1523050854058-8df90110c9f1.jpg
Ilustrasi tips memilih jurusan kuliah Foto: Unsplash
Bagi pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA), persoalan lain yang kerap menjadi dilema setelah lulus adalah memilih jurusan kuliah. Memilih jurusan yang sesuai dengan cita-cita atau passion sangat penting untuk menghindari penyesalan karena memilih jurusan yang salah.
ADVERTISEMENT
Tak sedikit mahasiswa yang memutuskan untuk pindah peminatan hingga universitas karena memilih jurusan kuliah yang tidak sesuai dengan keinginan maupun kemampuan.
Ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika memilih jurusan kuliah, khususnya jika mengikuti seleksi bersama seperti SNMPTN dan SBMPTN. Selain minat dan bakat, nilai rata-rata jurusan juga menjadi poin yang harus diperhatikan.
Untuk Anda yang tak ingin salah pilih jurusan kuliah, berikut telah kami rangkum tips selengkapnya.

Ketahui Minat dan Bakat

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika memilih jurusan adalah mengetahui dengan jelas minat dan bakat Anda. Jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat akan lebih mudah untuk dilalui, ketimbang Anda masuk ke jurusan yang diluar kemauan.
ADVERTISEMENT
Minat dan bakat yang Anda punya akan mendorong semangat belajar yang tinggi, sehingga akan mempercepat proses pembelajaran ketika kuliah. Jika belum mengetahui secara pasti minat dan bakat, Anda bisa mencari tahu lebih dulu sebelum memilih jurusan kuliah.

Observasi

Jika sudah mengetahui minat dan bakat, selanjutnya adalah melakukan observasi. Perbanyak informasi mengenai pilihan jurusan yang ada pada di berbagai Universitas.
Coba cari tahu prospek kerja dari tiap jurusan untuk membantu menerka tentang apa profesi Anda ketika lulus. Cari tahu juga beberapa jurusan lain yang bisa menjadi pilihan.
Jika Anda memilih jurusan kuliah melalui seleksi bersama seperti SNMPTN dan SBMPTN, pastikan ketahui standar nilai untuk tiap jurusan di Universitas yang dipilih. Sesuaikan kemampuan Anda dengan standar nilai tersebut agar bisa masuk ke jurusan yang diinginkan.
ADVERTISEMENT

Banyak Bertanya

Tips ini sering kali diabaikan oleh sebagian orang. Padahal, dengan banyak bertanya Anda bisa mendapatkan opini lain tentang jurusan apa yang sesuai dengan diri Anda.
Cobalah bertanya kepada orangtua dan guru tentang jurusan apa yang sebaiknya dipilih. Dengan memiliki banyak pendapat dari orang-orang yang mengenal Anda dengan baik, memilih jurusan kuliah bisa menjadi hal yang mudah dan tak lagi membingungkan.

Perhatikan Akreditasi

Memperhatikan Akreditasi jurusan kuliah juga penting dilakukan. Akreditasi yang bagus akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan impian di perusahaan tertentu.
Terkadang beberapa perusahaan menilai akreditasi jurusan dan Universitas tempat Anda kuliah sebagai salah satu poin pertimbangan dalam proses rekrutmen.
Ada juga perusahaan yang menjadikan akreditasi jurusan sebagai salah satu syarat administrasi ketika melamar suatu posisi tertentu.
ADVERTISEMENT

Meminta Restu Orangtua

Tips terakhir ketika memilih jurusan adalah meminta restu atau persetujuan orangtua. Hal ini penting untuk dilakukan mengingat orangtua adalah orang yang paling berperan dalam kesuksesan seorang anak.
Mendapatkan restu dari orangtua akan membuka jalan bagi Anda untuk mendapatkan jurusan kuliah yang sesuai. Untuk itu, berkomunikasilah dengan orangtua sebelum memilih jurusan kuliah.
(RDR)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan